Akhirnya Ban Depan Belakang Pun Terganti Ala Kadarnya 03/12/2013
Posted by Papa Afnhy in Yang Spesial.Tags: corsa s123, fdr genzi, ganti ban, impresi, MegaShroud, NanaRed, New MegaPro, nmp, NR, review, Riding, sidrap
trackback
Assalamu Alaikum
Sebenarnya konsep artikel ini sudah mengendap beberapa lama di draft postingan,tapi berhubung sok sibuk dan malas saya tiba-tiba berkolaborasi dan berkompilasi menyerang saya maka baru sekarang bisa dilanjutkan… terpaksa deh dirapel
sesuai judulnya,ban depan belakang ini saya ganti beberapa bulan lalu,hanya beda minggu sih;penyebabnya sama : ban bawaan pabrikan hamil alias bunting aka benjol.dan ini memang bukan hal baru,banyak pengguna nmp gen awal mengeluhkan hal yang sama
Ban belakang duluan benjol…lumayan parah,sayang saya gak sempat memfotonya;tapi rasanya kayak naik bendi dijalan berlobang,lompat-lompat gak karuan maka ini duluan yang saya ganti…
berangkat ke kota kabupaten saya ketoko ban…awalnya pengen ukuran 130/70-17 … tapi karena takut ngegesek rantai,akhirnya saya memilih corsa s123 ukuran 120/70-17.dengan harga 300 ribu pas,tapi saat bayar malah cuma didapat dengan harga 290 ribu karena toko itu hanya menjual dan gak memasang,jadi kembalian 10 ribu buat ongkos pasang 😀
ini tampilan belakang,sekilas alur kembangannya “menipu”
tampilan sisi kiri,perasaan agak ngedonat ya
tampilan sisi kanan gripnya kayaknya asyik buat rebahan
lumayan menapak sempurna ternyata
pengennya naik 1 tingkat lagi,tapi ini aja sudah mepet dirantai
Impresi Pemakaian
grip ban lumayan menggigit,baik itu dijalan kering ataupun basah,lumayanlah untuk pemakaian harian,beberapa kali saya coba ngerem agak keras dan roda ngunci sampe ban terseret,jejaknya jelas menandakan fungsi ban “melekat” kejalan mantap IMHO CMIIW
Beberapa minggu berikutnya ban ikutan demo,geal geol gak karuan.usut punya usut dan diselidikin dengan cara saksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya akhirnya saya berkesimpulan ban depan ikutan bunting..
Ketoko ban lagi..ambil merek yang sama dengan ukuran 90/80-17.balik kanan kebengkel langganan,pasang..dannnn…bannya gak mau ngembang.segala cara dipake gak berhasil,terpaksa ambil ban dari bengkel tersebut,untungnya ada ukuran segitu..kali ini fdr genzi 90/80-17..pasang,pompa dan ngembang…horeeee 😀
Harganya berikut ongkos pasang 200 ribu rupiah…
sisi kanan grip asyik ala racing-racingan
Abis pasang,saya baru nyadar,ban ini tipe rear use only,cuma buat ban belakang..gaswat dah..minta dicopot dah sore,gak ada stok tipe lain dan gak enak sama mekaniknya..apa boleh buat deh..
Impresi Pemakaian
ternyata kekhawatiran saya gak terbukti,ban yang sejatinya buat ban belakang dan tanpa alur pemecah air ini masih bisa diandalkan.. kering dan basah dilahap tanpa ampun,saat melintasi genangan air gejala melayang saat tidak saya rasakan,pengereman lumayan pakem… padahal seringnya saya mengandalkan rem depan dibanding belakang…pokoknya sesuai harapanlah 😀
Hanya saja karena profil alur ban yang cenderung melebar kesamping,saat hujan cipratan air dan kotoran lainnya lebih besar dibanding standarnya,nyiprat ke celana dan swing arm.selain itu tinggi motor juga lumayan lebih pendek.
Ada pengalaman lain menggunakan kedua merek karet bundar diatas???
silakan share via kolom komentar
BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
SALAM KARET BUNDAR
110/80 udah jos
Pengennya malah 130/80(70)-17..tapi takut bergesekan dengan swing arm dan rante sekaligus nambah ngedonat
ban depan 90/80 gk ganggu spatbor depan bang ?
Gak…. di fp new megapro saya liat malah ada yg pake 100/80-17 kalo gak salah cmiiw.jeda ban dan spatbor hanya tersisa ukuran milimeteran
maksudnya ban gak ngembang itu gimana pak? kalo diisi ban dalam dan dipompa kan otomatis ngembang.
Kan tubeless pak.abis dipasang dipompa bibir ban dan bibir velg gak mau menyatu.
mungkin itu karena bannya kebesaran, sedang peleknya kan kecil
eh..ban depan NMP std ukuran berapa si? wkwkwkwk…
kalo ban belakang memang kebesaran, mungkin 110 udah maximal dengan velg std biar gak donat. ban terlalu donat bikin ban cepet gundul.
di yutub orang ngembangin ban tubeless pake ledakan om.
ban disemprot gas butana, lalu dibakar, buummmmm… ledakan bakal bikin ban nempel di velg.
He he he…velg standar nmp memang agak kecil… belakang cuma 2.50″ depan kayaknya 1.75″
Ban depan standar 80/90-17 tubeless.belakang 100/90-17 tubeless kalo gak salah
waw.. ketok gueDHE 😀
😀 😀 😀
selamat ban baruuu 😀
moga awet
http://awansanblog.wordpress.com/2013/12/04/pasang-speedometer-tiger-di-mega-pro/
Sebetulnya dah lama…. 😀
Njen pake aja ban depan 110/70 corsa S123, belakang pakai zeneos ZN91 ukuran 120/70 pas banget, kayak punyaku, nih pak lihat di lik ini http://komunitashondamegaprokebumen.wordpress.com/2013/05/27/review-ban-corsa-s123-dan-zeneos-zn91-tipe-touring-nmp-lebih-mantap/
untuk rebah juga mantap. kalo pake corsa 120/70 nggasruk spakbor. punya temanku juga nggasruk. depan cukup 100/70 untuk corsa, tapi harus ganti sapk bor variasi. belakang ga usah pake peninggi sok
pengennya sih ukuran 100/70-17 depan,tapi takut gesek spatbor…. lagian pernah pake punya teman sport ukuran segitu malah susah belok… maunya lurus terus.
Belakang saya sudah lama pake peninggi shock
pakai genzi hati2 mas,.. not recomended pas jalan basah apalagi melewati ril kreta api,.. pengalaman pakai setahun ban depan udah mekar,..
Makasih peringatannya mas,saya jarang keluar saat hujan,nikung juga gak pake rebah,trus ditempat saya belum ada rel kereta api