jump to navigation

Akhirnya Ban Depan Belakang Pun Terganti Ala Kadarnya 03/12/2013

Posted by Papa Afnhy in Yang Spesial.
Tags: , , , , , , , , , , ,
trackback

Assalamu Alaikum

Sebenarnya konsep artikel ini sudah mengendap beberapa lama di draft postingan,tapi berhubung sok sibuk dan malas saya tiba-tiba berkolaborasi dan berkompilasi menyerang saya maka baru sekarang bisa dilanjutkan… terpaksa deh dirapel:mrgreen:

sesuai judulnya,ban depan belakang ini saya ganti beberapa bulan lalu,hanya beda minggu sih;penyebabnya sama : ban bawaan pabrikan hamil alias bunting aka benjol.dan ini memang bukan hal baru,banyak pengguna nmp gen awal mengeluhkan hal yang sama

Ban belakang duluan benjol…lumayan parah,sayang saya gak sempat memfotonya;tapi rasanya kayak naik bendi dijalan berlobang,lompat-lompat gak karuan maka ini duluan yang saya ganti…

berangkat ke kota kabupaten saya ketoko ban…awalnya pengen ukuran 130/70-17 … tapi karena takut ngegesek rantai,akhirnya saya memilih corsa s123 ukuran 120/70-17.dengan harga 300 ribu pas,tapi saat bayar malah cuma didapat dengan harga 290 ribu karena toko itu hanya menjual dan gak memasang,jadi kembalian 10 ribu buat ongkos pasang😀

IMG_20131203_173236
ini tampilan belakang,sekilas alur kembangannya “menipu”:mrgreen:

IMG_20131203_173300
tampilan sisi kiri,perasaan agak ngedonat ya

IMG_20131203_173412
tampilan sisi kanan gripnya kayaknya asyik buat rebahan

IMG_20131203_173445
lumayan menapak sempurna ternyata

IMG_20131203_173618
pengennya naik 1 tingkat lagi,tapi ini aja sudah mepet dirantai

Impresi Pemakaian
grip ban lumayan menggigit,baik itu dijalan kering ataupun basah,lumayanlah untuk pemakaian harian,beberapa kali saya coba ngerem agak keras dan roda ngunci sampe ban terseret,jejaknya jelas menandakan fungsi ban “melekat” kejalan mantap IMHO CMIIW

Beberapa minggu berikutnya ban ikutan demo,geal geol gak karuan.usut punya usut dan diselidikin dengan cara saksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya:mrgreen: akhirnya saya berkesimpulan ban depan ikutan bunting..

Ketoko ban lagi..ambil merek yang sama dengan ukuran 90/80-17.balik kanan kebengkel langganan,pasang..dannnn…bannya gak mau ngembang.segala cara dipake gak berhasil,terpaksa ambil ban dari bengkel tersebut,untungnya ada ukuran segitu..kali ini fdr genzi 90/80-17..pasang,pompa dan ngembang…horeeee😀
Harganya berikut ongkos pasang 200 ribu rupiah…

IMG_20131203_173323
fdr genzi 90/80-17 sisi kiri

IMG_20131203_173335
tampilan depan

IMG_20131203_173352
sisi kanan grip asyik ala racing-racingan
Abis pasang,saya baru nyadar,ban ini tipe rear use only,cuma buat ban belakang..gaswat dah..minta dicopot dah sore,gak ada stok tipe lain dan gak enak sama mekaniknya..apa boleh buat deh..

Impresi Pemakaian
ternyata kekhawatiran saya gak terbukti,ban yang sejatinya buat ban belakang dan tanpa alur pemecah air ini masih bisa diandalkan.. kering dan basah dilahap tanpa ampun,saat melintasi genangan air gejala melayang saat tidak saya rasakan,pengereman lumayan pakem… padahal seringnya saya mengandalkan rem depan dibanding belakang…pokoknya sesuai harapanlah😀

Hanya saja karena profil alur ban yang cenderung melebar kesamping,saat hujan cipratan air dan kotoran lainnya lebih besar dibanding standarnya,nyiprat ke celana dan swing arm.selain itu tinggi motor juga lumayan lebih pendek.

Ada pengalaman lain menggunakan kedua merek karet bundar diatas???
silakan share via kolom komentar

BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
SALAM KARET BUNDAR

Komentar»

1. ipanase - 03/12/2013

110/80 udah jos

Papa Afnhy - 03/12/2013

Pengennya malah 130/80(70)-17..tapi takut bergesekan dengan swing arm dan rante sekaligus nambah ngedonat

2. mbahjo paijo - 03/12/2013

ban depan 90/80 gk ganggu spatbor depan bang ?

Papa Afnhy - 03/12/2013

Gak…. di fp new megapro saya liat malah ada yg pake 100/80-17 kalo gak salah cmiiw.jeda ban dan spatbor hanya tersisa ukuran milimeteran

3. pak tarno - 03/12/2013

maksudnya ban gak ngembang itu gimana pak? kalo diisi ban dalam dan dipompa kan otomatis ngembang.

Papa Afnhy - 03/12/2013

Kan tubeless pak.abis dipasang dipompa bibir ban dan bibir velg gak mau menyatu.

pak tarno - 03/12/2013

mungkin itu karena bannya kebesaran, sedang peleknya kan kecil
eh..ban depan NMP std ukuran berapa si? wkwkwkwk…

kalo ban belakang memang kebesaran, mungkin 110 udah maximal dengan velg std biar gak donat. ban terlalu donat bikin ban cepet gundul.

pak tarno - 03/12/2013

di yutub orang ngembangin ban tubeless pake ledakan om.
ban disemprot gas butana, lalu dibakar, buummmmm… ledakan bakal bikin ban nempel di velg.

Papa Afnhy - 03/12/2013

He he he…velg standar nmp memang agak kecil… belakang cuma 2.50″ depan kayaknya 1.75″

Papa Afnhy - 03/12/2013

Ban depan standar 80/90-17 tubeless.belakang 100/90-17 tubeless kalo gak salah

4. Aan Kiye - 03/12/2013

waw.. ketok gueDHE😀

Papa Afnhy - 03/12/2013

😀😀😀

5. awansan - 04/12/2013
Papa Afnhy - 04/12/2013

Sebetulnya dah lama….😀

6. komunitashondamegaprokebumen - 05/12/2013

Njen pake aja ban depan 110/70 corsa S123, belakang pakai zeneos ZN91 ukuran 120/70 pas banget, kayak punyaku, nih pak lihat di lik ini http://komunitashondamegaprokebumen.wordpress.com/2013/05/27/review-ban-corsa-s123-dan-zeneos-zn91-tipe-touring-nmp-lebih-mantap/

7. komunitashondamegaprokebumen - 05/12/2013

untuk rebah juga mantap. kalo pake corsa 120/70 nggasruk spakbor. punya temanku juga nggasruk. depan cukup 100/70 untuk corsa, tapi harus ganti sapk bor variasi. belakang ga usah pake peninggi sok

Papa Afnhy - 05/12/2013

pengennya sih ukuran 100/70-17 depan,tapi takut gesek spatbor…. lagian pernah pake punya teman sport ukuran segitu malah susah belok… maunya lurus terus.
Belakang saya sudah lama pake peninggi shock

8. ipoo - 11/04/2014

pakai genzi hati2 mas,.. not recomended pas jalan basah apalagi melewati ril kreta api,.. pengalaman pakai setahun ban depan udah mekar,..

Papa Afnhy - 11/04/2014

Makasih peringatannya mas,saya jarang keluar saat hujan,nikung juga gak pake rebah,trus ditempat saya belum ada rel kereta api


silahkan berbagi pendapat, sopan dan saling menghargai, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: