jump to navigation

Riding Review,Yamaha Soul Gt Setelah 1000 Km 03/01/2013

Posted by Papa Afnhy in yang ringan-ringan saja.
trackback

Assalamu Alaikum
Setelah libur posting selama lebih sebulan akhirnya saya ada waktu dan kesempatan untuk apdet juga… πŸ˜€ selain itu masa inreyen soul gt telah lewat dan angka spido telah mencapai angka diatas 1000an km,maka saya dapat berbagi pengalaman menggunakan matic garputala ini

Berikut yang dapat saya simpulkan berdasaarkan unit yang saya gunakan :

Riding position

Riding position lumayan nyaman setidaknya bagi saya yang bertinggi badan 165 cm/58.8 kg…. setidaknya lutut saya saat duduk dijok tidak mentok ke dek.

Jok dan Setang

Jok terasa empuk tapi kesat sehingga boncenger gak merosot kedepan,setang sampe sekarang masih butuh penyesuaian karena lebih sempit dari setang simegashroud

Akselerasi

Tarikan lumayan,setidaknya mesin gak terlalu tinggi jeritannya saat akselerasi agak dipaksa,sayangnya lantaran selama ini saya pake motor bergigi maka saat pake matic saya makin gak berani nyalip kendaraan lain lantaran gak bisa main gigi dan gantung kopling,speed saya dari Cuma sampe 60 kpj,pernah coba narik sampe 70 kpj motor terasa limbung saat berpapasan dengan truk.

Suspensi

Nah,entah bagaimana pendapat rider soul gt lain,tapi saya merasa sok depan belakang motor ini keras jika dibandingkan dengan matic lain,positifnya lebih stabil dijalan lurus dan mulus dan nurut saat ditikungan,negatifnya kalo riding sendirian getaran jalan terasa sampe jidat :mrgreen:

Konsumsi Bbm

Borosssss…… itu yang pertama saya katakan saat minggu pertama menggunakan…. dibanding megashroud yang sebulan nenggak premium 30 ribu rupiah maksimal 40 ribu rupiah,maka soul gt ini dalm 1 minggu nenggak tidak kurang dari 30 ribu rupiah… apa gak gila tuh *matius mode: πŸ˜€ n* dengan jarak tempuh sama dan gaya riding sama….
Sekarang sudah mendingan sudah agak ngerti cara ngurut gasnya πŸ˜€

Nah Brader itu aja yang sampe sekarang yang saya rasakan selama menggunakan matic ini,jika ada yang ingin menambahkan dan mengoreksi silahkan share dikolom komentar

BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
SALAM KARET BUNDAR

Komentar»

1. Aa Ikhwan - 03/01/2013

sip ajib,..boros jg ternyata ya,..neng spacy ane jg ternyata agak boros :mrgreen:

Papa Afnhy - 03/01/2013

yup dibandingkan dengan tunggangan sebelumnya A’

2. rusmanjay - 03/01/2013

kok boros ya

Papa Afnhy - 03/01/2013

soalnya tinggal narik gas aja gak pake ngoper gigi makanya bensin ngocor gak terkira… :mrgreen:

3. ipanase - 03/01/2013

yang mbandingin kejam, masak matic vs mega πŸ˜€

4. Papa Afnhy - 03/01/2013

bukan kejam…cuman pembandingnya ya megapro ataupun tornado dan sebelumnya saya pake motor yang bergigi kang….bisa ngatur ritme kecepatan dengan gigi dan gasnya

5. Papa Afnhy - 03/01/2013

gambarnya gak ada yang nongol…. koplak nih 😦

6. warungbaksosabar - 03/01/2013

biasa bawa batang trus bawa matic,, p*nt*t tepos gak :mrgreen:

Papa Afnhy - 03/01/2013

kayaknya jok soul lebih empuk dan lebar dibanding nmp bro

7. dewadieja - 03/01/2013

Ciri khas yamaha…shock/suspensi keras jika tanpa boncengers
*pengalaman pake vega zr n mio sporty

Papa Afnhy - 03/01/2013

diset untuk kencang bro

8. vixy182 - 03/01/2013

klo mnurut ane skutik ymha emang gak enak ketika d jln berbatu..masih enak merk skutik pabrikan sayap.. ban nya lebih kecil..tapi d jln lurus emang stabil… πŸ™‚

Papa Afnhy - 03/01/2013

wahaha sip…. perasaan saya juga gitu

9. dani - 03/01/2013

biasa pake UG3…asli borozzzz ni GT kalo ketemunya stop and go…cuma pengalaman jalan ke Cibodas..Puncak..kalo manteng terus malah iritan…mulai nyedot bensin pas puncak aja…turun puncak baru ngisi deh..sisa 2 bar sih isi aja biar aman..tinggi ane 175, bobot 85kg..kemarin test doang jalan lebih seratus kilo, sehari hari dipake istri..ane prefer pake PIBO aja deh…gak nguatin isi pertamaxnya…

Papa Afnhy - 03/01/2013

rata-rata pengguna matic teman saya menyatakan hal yang sama….jadi bukan satu merek saja…dan mereka juga menggunakan matic sebagai penyeling sport bro..komentarnya sama boross

dani - 04/01/2013

saya setuju karena sebelumnya pake beat buat selingannya..

10. marga - 03/01/2013

terus kelebihannya dibanding soul lama ntu apa yak πŸ˜•

Papa Afnhy - 04/01/2013

menurut saya:
Β° injeksi
Β° desain headlamp kayak bumblebee

11. poltergeisth13 - 03/01/2013

weh 1 minggu 30 rebu?lmyn juga y.

poltergeisth13 - 03/01/2013

NMP nya 30 ribu sebulan.irit banget pak.hehehe

Papa Afnhy - 04/01/2013

nmp sebulann itu… mas bro…
believe or not
*bawanya dibawah 65 kpj..gas gak disentak..urut gas dan gak ngebut kecuali terpaksa irtupun max 80 kpj

adrian - 09/01/2013

sebulan 30 ribu? irit amit. jd sehari cuma seribu?
vario wtf piro yo? xeon rc piro yo?

12. jtxtop - 03/01/2013

Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

13. kenthoet - 03/01/2013

yang udah injeksi az masih boros, gimana dgn yg masih karbu?? πŸ™„

Papa Afnhy - 04/01/2013

:mrgreen:
masih belajar karakter matic bro

14. banzuu - 04/01/2013

Mungkin borosnya gara 2 udah kebiasaan pake batangan yg tangkinya belasan liter terus masih belum biasa naik skutik yg tangkinya cuman 4-6 liter makanya jadi lebih berasa bolak balik ke pombensin pas lagi naik matik. Hihihi

Motoralay - 04/01/2013

yang dibahas diatas nilai rupiahnya,bukan kapasitas tangkinya…

Papa Afnhy - 04/01/2013

salah satu alasannya juga mas…
tapi terutama saya masih kagok lantaran gas rem aja..belajar ngurut gasnya agak susah,minggu mulai agak irit perasaan berdasarkan gerakan jarum bensin dispido

15. Agus Marciano Riyanto - 04/01/2013

Hahahahahaha adatasi ya mas , biasa main gigi dan kopling trs bawa matic ….. Tp sy yakin akan cpt adaptasi sesuai naluri biker ….. Tinggal coba moge mas : D

Papa Afnhy - 04/01/2013

mulai berhasil adaptasinya pak.,kalo moge pengen juga tapi entah kapan…harganya masih diawan..

16. Daratrisna Aja - 04/01/2013

matic boroosss…………….xixixi

Papa Afnhy - 02/03/2013

Alhamdulillah sudah gak lagi,pake sore2 tiap pulang kantor bikin saya jadi mengerti karakter matic yang pengen dielus lembut dan ogah dijambak kayak sport πŸ˜€

17. andreykeren04 - 04/01/2013

lho kok boros juga ya?
katanya udah irit.

Pengen motor agan makin keren dan nyaman?
kasih Sarung Jok Untuk Kesehatan dan Anti Panas CoolTech spt ini:

http://www.kaskus.co.id/thread/50cfd3bce574b4101c00003e/agen-distributor-cover-jok-motor-anti-panas-cooltech-bonus-cendol/1

Selain bikin keren juga bikin nyaman
Dijamin termurah se Kaskus.
Bisa COD di Cibinong dan Depok

bilang aja dari indomotoblog

*maaf promosi lagi πŸ™‚

Papa Afnhy - 02/03/2013

wokee…sip terima kasih πŸ˜€

18. joko - 04/01/2013

biasa tuh mas, kalo tangan biasa muter grip gas motor sport trus pindah ke matic memang bawaanya boros, karena di sport sekali sentak gas langsung ngacir, dan saat beralih ke matic kebiasaan tsb terbawa yaitu puntiran gas lebih dalam guna meraih akselerasi yg diharapkan setara sport yg biasa kita naikin.
tapi lama-lama juga makin terbiasa tuh..
eh, 1000km ya, waahhh servis pertama lewat dong, biasanya waktu servis ke 3 motor jadi iritan, pengalaman ane dulu punya bebek yamaha waktu barunya boros banget, setelah servis ke 3 diiritin ama mekaniknya, dan memang jauh lebih irit. katanya dulu boros karena setingan inreyen, gatau tuh bener/salah πŸ˜€

Papa Afnhy - 02/03/2013

setuju mas,tinggal downshift dan sentak kopling jadi enak,tapi dimatic agak susah gitu,btw,semakin hari saya makin ngerti memperlakukan matic dan otomatis mulai bisa econo riding…tangan jahat yang suka muntir gas sudah lumayan terkontrol πŸ˜€

19. achmad sya'roni blog - 05/01/2013

keluhan soul gt saya hanya tarikannya yang berat (dibanding mio karbu). pegaruh YMjet fi mungkin

Papa Afnhy - 02/03/2013

nah,ini saya setuju,moi soul teman malah terasa lebih responsif..mungkin nanti saat servis colok laptop saya minta mekanik mengeceknya

20. bimo96 - 06/01/2013

katanya injeksi kok boros ya πŸ˜€

Papa Afnhy - 02/03/2013

awal pake memang Bim,sekarang agak kurang πŸ˜€

21. kharis27 - 06/01/2013

wah papa afhny ke enakan betot gas trus kali nih jdnya boros hehe

Papa Afnhy - 02/03/2013

iya bro,masih ingat sentakan sport manual wkwkwk

22. hadi - 07/01/2013

di warung lain ada yg bilang soul gt BBM cuma 14km/1 ltr…bener ga sih?

Papa Afnhy - 02/03/2013

kayaknya tidak segitunya bro 1:25 km sampe 1:30 km kayaknya dapat…

23. jkc - 08/01/2013

soul gt dan mio j hampir sama beda tipis lebih boros,1-2kpj,..betul mungkin masih dlm masa reyeeen,jadi lebih boros,maklum tanpa gigi…sabar Mas penting bisa isi bensinya

Papa Afnhy - 02/03/2013

Amiiinnn Insya Allah…tapi premium aja ya,pertamaxx susah didapat disini

24. hi hi hi - 08/01/2013

matic gak boleh disentak gasnya, harus ngurut. apalagi kalau cuma 110cc buat boncengan, kerasa borosnya.

Papa Afnhy - 02/03/2013

mesti diperlakukan bak cewek cantik 😳

25. Adhitya Ramadian - 10/01/2013

jok matic yamaha memang terkenal empuk, ketimbang milik honda

Papa Afnhy - 02/03/2013

setuju

26. blogpakyo - 11/01/2013

gak masuk akal, emang megapro itu seirit apa? masak soul gt 4x lebih boros dari megapro. ngukurnya gimana juga gak dijelaskan, jarak brp km tidak disebut, kok mirip bc ya?

Papa Afnhy - 02/03/2013

begini:
1.saya tiap tanggal 1 isi full premium,rata2 30 ribu sudah sampai bibir tangki
2.jarak rata2 saya ganti oli adalah 1000 km,dan itu terganti tiap 2 bulan 1 bulan cuma menempuh jarak 500an kilometer
3.jarak tempuh terjauh saya yang rutin saya jalani maksimal 30 km..itupun belum tentu seminggu sekali…
4.odometer nmp saya saat ini adalah 15500an km(itupun kurang sedikit tapi saya bulatkan) jika dibagi 29 bulan sejak pembelian cuma dapat 534.48275862069 km (535 km)
5.hari jumat kemarin 01/03/2013…saya isi bensin dan tripmeter menunjuk angka 525 km saya isi premium 30 ribu lagi atau setara 6.66 liter jika 525 km dibagi 6.66 liter maka itu dapat 78.8288288288288 km/liter….dan sampai hari ini saat saya bikin reply komen ini tu motor belum pernah keluar garasi lantaran saya pake soul GT…
semoga bisa dimengerti kang,

27. Rikhman - 11/01/2013

wah wah katanya YMJet FI lebih irit 30%, kok malah kayak gitu? udah dicek bareng teknisi di BERES om ?

Papa Afnhy - 02/03/2013

belum pernah kang odometernya baru 2000an km sekarang

28. trishinu - 13/01/2013
Papa Afnhy - 06/03/2013

kayaknya malah responsif yang karbu,tapi tenaga menengah atas stabil yang Fi

29. lexyleksono - 14/01/2013

Seliter dpt brp km mas..? Matik saya seliter dpt sekitar 50km, lumayan irit dibanding motor batangan saya yg cuma dpt 20km / ltr.

http://lexyleksono.wordpress.com/2013/01/13/si-imut-ksr-110/

Papa Afnhy - 06/03/2013

awalnya saat masih 1000an km antara 1:25 s/d 1:30 km,tapi lama kelamaan saya bisa lebih irit lagi,kerasa dari frekuensi keluar masuk SPBU yang makin jarang πŸ˜€
*batangannya Er6 ya mas :mrgreen:

30. boerhunt - 14/01/2013
Papa Afnhy - 06/03/2013

salah satu aspeknya itu mas

31. andhika - 16/01/2013

Mungkin masih stelan boros.
Matic memang tinggal gas, namun juga harus merasakan enaknya mesin ketika gas bukaan berapa.

Pengalaman pakai mio smile, yang katanya boros. Ternyata irit masih bisa 40-50km/liter ketika odometer 45.000km.

Intinya, kenali karakter mesin.

32. temonsoejadi - 20/01/2013

mantepp ulasanya, jd tambh tau ane..hehe

nitip mas,
[share] nasehat bagi orang tua dlm mendidik anak
http://temonsoejadi.wordpress.com/2013/01/20/nasehat-anak-untuk-seorang-ibu/

suwun.

33. Indra - 20/01/2013

Soul GT saya isi bensin 17000 rp = 155 km. Boros ga ya?

34. Dg Aco - 27/01/2013

Papa Afnhy, pernah perhatikan Beat FI di Sidrap tidak?
Bagaimana penjualannya di sana?
Di Makassar sampai hari ini belum satu pun yang berhasil saya lihat.
Memang kurang laku atau sulit dibedakan dengan versi karbunya ya?

35. spidosentris - 30/01/2013

mungkin terasa boros karena jarum fuel meter yamaha baru naek ke atas kalo kuncinya udah di puter, mungkin…

36. komunitashondamegaprokebumen - 30/01/2013
37. masdiisya - 31/01/2013

soul gt saya…sama kayak motor bebek konsumsi bensinya…kalo untuk akselerasi emang agak lamban…tapi kalo dah tahu feeling di putaran mesin, bejek gas untuk akselerasi seperti motor lainnya

38. bimo96 - 24/02/2013

jok nya gak licin wahhh gk baik buat pacaran nih πŸ˜€ wkwkwk pilih motor nungging ajahhh πŸ˜€

… matic emang kodratnya boros om πŸ˜€

http://bimo96.wordpress.com/2013/02/22/test-ride-fu-alay/

39. jofrin - 25/02/2013

soal suspensi memang kerasnya gak ketulungan apalagi kalo lewat paving…untung suspensi Soul GT-ku uda diganti ama YIMM jd lbh nyaman πŸ™‚

Nelvian - 25/02/2013

ganti part bagian mana? ada versi suspensi lain dari YIMM?

40. smartfaiz - 27/02/2013

Lah spinku malah bisa lebih irit dibanding Tiger 2004… soale tiger dah tua dan pernah oversize .25 … spin std bisa 1:35 tiger mentok di 1:25

soul soul - 28/02/2013

setuju.. shocknya pada keras banget!!! depan belakang! udah ada yang ngerubah jadi agak empuk blm ya? kalo udah bagi tipsnya dong.. konsumsi bensin kurleb 1:35-40 (hitung pake odometer + feeling) πŸ˜€

41. Rodo Load Sui - 09/04/2013

mau irit?, jalan 30-40 km 1/4 gas…irit tuh, 1ltr/50 km…tapi kagak enak jalannya, suaranya tuh treeeeerrrrrrrrrrrrrrrr dibawah……kalo ane suka jalan diatas 80 keatas, suara treerrrrrr ilang dan stabil….tapi kalo ada poldur,.mati dah…jedhak.,..shock kayak punyanya flinstone…..soul gt ane keren, tapi sayang suara anehnya kagak ketulungan

42. Elanda rachman - 13/05/2013

Bener ya soul gt itu pake premium.?

43. yudistira - 27/05/2013

Pada bulan Agustus 2012 saya tertarik untuk meminang sebuah motor baru,pilihan jatuh pada motor matic andalan Yamaha,yaitu Yamaha Soul GT dengan no. mesin 1KP118581 dan nomer rangka MH31KP001CK117151.Motor ini bodinya macho banget,keren abis dech pokoknya.Sesuai dengan tagline Yamaha Keren,Lincah,Irit.Tetapi menurut pengalaman saya itu semua tidak terbukti.ternyata hanya sekedar bodynya aja yang keren,sedang mesinya berbeda 180 derajad.
Pengalaman saya memakai Yamaha Soul GT,saat odometer menunjukan 2000km mulai muncul getaran di cvt saat berjalan pada kecepatan konstan 50-60kpj(kilometer per jam).Shock depan dan shock belakangnya keras banget.Apalagi saat melewati jalan yang tidak rata.Pada saat masuk ke bengkel resmi yamaha,saya tanyakan keluhan yang saya alami tersebut ke mekaniknya,dan kata mekaniknya itu gara-gara filter udara nya yang lebih panjang dari versi mio karbu(mekanik yg ahli pasti ketawa nich mendengar jawaban dari mekanik Yamaha yg seperti itu) hingga timbul gejala greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj.Kalau shock yang keras,diciptakan untuk mendapatkan handling yang mantap (bagaimana bisa dapat handling yang mantap kalau tangan kesemutan dan pinggang sakit karena shock yang keras?). Ya sudahlah, cuma masalah kecil saya kira.Tapi saat odometer menunjukan 4000km kok getaranya semakin bertambah keras.Kerasa greg-greg sampai kekaki,dan larinya juga bertambah pelan,top speed cuma 80kpj.
Akhirnya saya tlp call center Yamaha pusat Jakarta pada tanggal 27 september 2012 untuk menyampaikan keluhan saya tersebut.Pada tanggal 28 september 2012 pagi sudah ditlp balik oleh yamaha call center Surabaya (bener2 fast respon,but not sure)karena memang posisi saya di Surabaya.Akhirnya bikin janjian bertempat di pusat claim shop yamaha Surabaya yang berada di Pusat Motor daerah Kenjeran,ketemu dengan mas Pawit.Setelah menyampaikan keluhan saya,akhirnya motor saya tersebut ditinggal untuk dianalisa penyebab keluhan keluhan tersebut.Menginap dech 1 hari.Pada keesokan harinya saya dihubungi kembali,masalah sudah teratasi,kata mas Pawit gara-gara rolernya ada yg aus(baru jln 4000km dah aus rollernya,gimana nich mutu part original Yamaha?).sedangkan untuk shock yang keras jawabanya sama dengan mekanik yang pertama menangani motor sayaYa sudahlah yg penting sudah sembuh penyakitnya(greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj).Saya bisa beraktifitas lagi dengan menunggang motor kesayangan walaupun dengan shock yang tidak nyaman.
Tetapi setelah pemakaian jarak 10.000km ada gejala baru,tiap start awal dari 0-10kpj ada gejala gredeg-gredeg (getaran pada seluruh boddy motor) yg sangat keras.Rasanya bersumber dari cvt bagian belakang .Power juga menurun saat dipakai jarak jauh dan saat dipakai berboncengan .Motor kembali saya masukan ke bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya),sekalian buat perawatan rutin.Kata mekaniknya karena stelan klep dan settingan ECU injeksinya kurang pas (untuk keluhan lost power), dan kotor pada bagian cvtnya (untuk keluhan gredeg-gredeg).Ya sudah service ringan(stel kerenggangan klep dan setting ECU) plus bongkar,sekalian dibersihkan cvt-nya (jasa service service ringan dan service cvt berbeda).Setelah keluar bengkel,motor sehat wal’afiat,seger waras.
Tetapi setelah pemakaian berjalan jarak 350km-an dari saat masuk bengkel gejala greg-greg itu muncul lagi.Karena masih ada garansi service motor saya bawa masuk bengkel resmi Yamaha(Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya) lagi.Oleh mekaniknya(mas Nanda,sama dengan saat masuk pertama di bengkel ini) dibongkar lagi dan dibersihkan lagi cvt-nya.Posis pembersihan ditempat yg sama saat saya pertama masuk bengkel.Mekaniknya bilang kampas ganda (clutch carier assy) dan rumahnya(clutch housing comp) kurang bersih(bagaimana prosedur kerja bengkel resmi yamaha hingga masalah yang sama bisa terulang 2x?).Keluar dari bengkel resmi,seger buger dech,wah kurang bersih berarti kmarin saat masuk pertama,lega juga ternyata cuma kotor aja.tapi setelah 500km dari masuk yg ke-2 tiba2 gejala itu muncul lagi,bahkan makin keras,kayak kampas (clutch carier assy) nggak menggigit sempurna rumah koplingnya (clutch housing comp) ,ini muncul saat motor dalam kondisi dingin dan saat dikendarai di jalan yang macet.
Saya mulai jengkel dengan banyak masalah yang mulai timbul lagi di motor ini.Akhirnya saya putuskan untuk kembali tlp call center Yamaha Jakarta.Tanggal 22 april 2013 saya tlp dan menyampaikan keluhan yang saya alami.Seminggu lebih kemudian,tepatnya pada tanggal 30 April 2013 saya ditlp Yamaha call center Surabaya,dengan contact person mas Yohan.Saya diminta datang lagi ke pusat klaim shop yamaha di Pusat Motor Kenjeran,ketemu dengan mas yohan ini,kata dia “ini motornya ditinggal ya mas,menginap dulu biar bisa dianalisa dengan tuntas keluhanya”. Sekalian saya keluhkan lagi tentang shock depan yg keras (shock belakang sudah mendingan karena saya ganti dengan shock belakang Honda vario Techno 125 original) juga lost power saat mesin panas,atau saat dipakai berkendara jarak jauh (lebih dari 50KM).Saat dipakai berboncengan juga lemot tarikanya(bagaimana tagline keren,lincah,irit bisa terealisasi,kalau kenyataanya seperti ini?).”ok mas,semua saya cek nanti”,jawab mas Yohan
Pada tanggal 1 Mei 2013 sore saya ditelepon,motor saya sudah selesai. Pada tanggal 2 Mei 2013 saya baru bisa mengambil motor tersebut.Menurut mas Yohan sudah beres,sudah ketemu rusaknya dan sudah diganti 1 unit cvt bagian depan.Sekalian rollernya diganti,tapi dengan punya motor Yamaha tipe lain yaitu yamaha mio sporty,biar lebih enteng tarikanya katanya mas Yohan .Pengerjaan berikutnya settingan CO dinaikan menjadi +10 (gak tau nich efeknya apa,tetapi yang saya rasakan tarikan tetep berat,malah lebih boros BBM).Saya lega juga sudah ketemu penyebabnya.
Selang beberapa hari kemudian,tepatnya pada jarak tempuh 450km setelah masuk bengkel pertama, keluhan awal itu muncul lagi.Karena saya sudah punya tlpnya mas Yohan (call center yamaha Surabaya),saya putuskan pada tanggal 10 Mei 2013,untuk langsung menghubungi mas yohan.Kata mas Yohan akan dikonsultasikan lagi dengan Pak Bekti orang yamaha pusat.Pada tanggal 13 mei 2013 saya di SMS mas Yohan untuk (lagi-lagi) datang ke pusat motor Kenjeran.katanya mau diganti satu set cvt belakang (clutch carier assy dan clutch housing comp) sekalian diganti van beltnya.Saya diminta untuk melihat langsung proses penggantian part ini.Ketika part penggantinya ditunjukan ke saya,saya melihat adanya bekas pemakaian di kedua part pengganti tersebut. Menurut penjelasan mas Yohan gak ada stock part barunya,sehingga dikanibalkan dari unit baru,bekas pemakaian itu terjadi saat unit motor yang dikanibal tersebut dites jalan.Ya sudahlah,terima aja,pokoknya diganti dan masalah yang timbul nggak muncul lagi.Akhirnya part dipasang,beres dech,motor saya bawa pulang dengan hati riang,walaupun mulai was-was masalah akan muncu lagi.
Ternyata kekawatiran yang saya rasakan benar-benar terjadi.Habis pulang kampung tanggal 20 Mei 2013 pagi,masalah itu(greg-greg saat start awal 0-10kpj) muncul lagi.Bahkan muncul masalah baru,yaitu greg-greg saat kecepatan konstan,seperti complain saya pada tanggal 28 September 2012.Saya curiga ini gara-gara penggantian roller yg tidak sesuai dengan bawaan asli soul gt.Saya sudah benar-benar kecewa dengan produk Yamaha Soul GT ini.Setelah saya browsing di internet ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah dengan Yamaha soul gt.Banyak pemakainya yang mempunyai pengalaman serupa dengan soul gt saya.Akhirnya saya tumpahkan kekecewaan saya ke call center Yamaha pusat pada tangggal 22 Mei 2013,saya sudah pusing dengan semua masalah yang timbul di motor ini,saya tumpahkan semua masalah yang timbul,dari shock yang keras,power yang hilang saat motor jalan 50km keatas,tarikan berat saat dipakai berboncengan,dan yang paling mengganggu getaran yang keras pada seluruh boddy motor saat start awal (jadi tambah parah setelah diganti satu set cvt bagian belakang).Saking jengkelnya saya minta Yamaha membeli saja motor saya ini dengan harga motor bekas.Daripada terus kecewa,karena motor yang dibeli dengan harga yang tidak murah,dari hasil kerja keras saya selama ini ternyata seperti itu.
Tanggapan yang cepat datang dari Yamaha,pagi saya tlp Yamaha Jakarta,malamnya saya sudah ditelepon oleh Yamaha call center Surabaya.Tetapi alangkah terkejutnya saya,bukan respon baik yang disampaikan tetapi terkesan Yamaha cuci tangan dengan problem yang menimpa motor saya ini.Mereka bilang tidak bisa mengabulkan claim garansi saya,karena motor saya sudah dimodifikasi shock belakanya.Saya jadi bertanya-tanya,mengapa tidak dari pertama mereka menolak complain saya,sedangkan dulu saya memasangkan shock juga yang memasangkan mekanik Yamaha pusat motor.Dari keluhan tanggal 28 september 2012 juga saya sudah ganti shock belakang motor saya.Jika dipikir dengan logika,juga saat saya konsultasikan dengan mekanik lain diluar Yamaha yang sudah berpengalaman,mereka mengatakan tidak ada hubungannya gredeg-gredeg pada cvt dengan shock belakang yang diganti.
Apakah seperti ini cara menangani complain konsumen oleh pabrikan besar sekelas Yamaha?Perlu dipertanyakan juga kualitas part dari pabrikan Yamaha ini,setelah motor saya diganti dengan spare part original yang katanya dari unit baru kok masalah malah bertambah parah?bagaimana manajemen dan prosedur penanganan complain sehingga complain berulang terjadi?konsumen dilarang mengganti part selain bawaan asli soul gt,sedangkan pihak Yamaha sendiri mengganti roller soul gt saya dengan roller Yamaha tipe lain yang bukan asli bawaan soul gt(mio sporty) padahal jelas-jelas beda part number di catalog sparepart Yamaha.

44. Ardian - 05/06/2013

emang satu liternya bisa nyampek brp km Bos Soul GTnya?
kl punyaku 1 liter bs nyampek 55-60 km, kl dibuat muter2 kliling kota.
tp kl dipake langsung jarak jauh malah bs irit lg.
lha mega-nya 1 liter bs nyampe brp km Bos?

45. FERY - 09/06/2013

weh……. ceritanya mas yudistira lengkap……….. aku juga lagi nimbang2 mau beli soul GT Street.. kalau pendapat dariku seh, untuk mesin matic, lebih milih honda….. kaalau mesin bebek aku lebih seneng pakai jupiter MX…………

46. Riky - 12/06/2013

hwaah lngkap bnr mas yudis…
tp dr mslh trsbut mgkn cm mtor mas aja yg ky gt,yg lain gk.
atw cb deh tny sm tmen2 ny yg mggunakan matic honda,apkh ad kjdian spt ini.
kl tdk,pndh k’honda aj.kn desainnya lbih mantep…hee

47. manyul - 12/06/2013

top speed cuma 100km/h…sangat disayangkan.

48. jayadi - 06/08/2013

saya terbiasa pake bebek yamaha,dan sudah 3 hari pake soul GT,terasa beda,suspensinya kerassssssss,g cocok di jalan yang g rata…sy tinggi badan 168 cm,berat 59,9 kg

49. DDG - 18/08/2013

Salam,

Mohon ijin berbagi pengalaman, ma’af saya pengguna Mio GT bukan Soul GT , tetapi mungkin sedikit bermanfaat bagi yang sedang mempertimbangkan membeli motor matic yang diidamkan.

Saya memiliki Mio GT yang baru berumur sebulan dan memiliki matic merek lainnya yang dibeli enam bulan sebelumnya karena yang terakhir saya beli untuk dipakai di tempat kerja di luar kota.

Sebelumnya , pada saat mau membeli yang pertama terlebih dahulu saya mencari informasi di internet, namun informasi yang didapat jauh dari harapan saya, kalau saja ketemu blog ini sebelumnya mungkin motor yang kedua bukan Mio GT bukan juga sama dengan yang dibeli pertama.. bosen juga.

Sampai keputusan pembelian yang pertama saya masih bingung mana yang terbaik, tapi ya harus diputuskan membeli karena terdesak kebutuhan, nah matic inilah yang akan saya bandingkan dengan Mio GT, bukan maksud menjelekkan karena fanatik merek tertentu tapi informasi ini yang sebelumnya saya cari tapi tak kunjung didapat.

Berikut ini saya simpulkan setelah menggunakan Mio GT kurang lebih selama sebulan:

Akselerasi

Tarikan agak lemot, kurang galak dibanding matic yang sebelumnya saya beli, mungkin tidak begitu penting karena lama-lama terbiasa biasa juga, awalnya ngomel payah nih motor.

Dampak Panas Mesin

Setelah dipakai selama kurang lebih 20 KM jalanan rada macet, kunci busi yang tersimpan di bagasi panas buanget, saya lempar karena kaget, 10 detik kemudian saya pungut tangan saya masih ga kuat menggemgamnya, tidak akan pernah saya taruh handphone di dalamnya.

Suspensi

Memang keras, bagi saya ya sangat tidak nyaman, di jalan kasar getaran terasa dari ujung kaki sampe ujung kepala fiuuh, meskipun mungkin akan stabil untuk rebahan tapi bagi saya buat apa, kelakuan itu mah jaman saya SMA lah, motor hanya dipakai standar ortu untuk ngantor saja.

Konsumsi Bbm

Sependapat.. borosss, hitungannya isi penuh, dipakai kemudian diisi penuh kembali dibagi kilometer yang ditempuh.. hasilnya 1 liter : 23 Kilometer, sementara matic saya yang satunya 1 liter : 41 Kilometer (dengan gaya saya mengendarai perlakuannya sama).

Ini hanya pengalaman yang saya rasa wajar karena tentunya kecewa setelah dibeli ternyata matic saya banyak kelemahannya dibanding matic merek tetangganya , akan lebih baik kalo memang punya kesempatan mencoba membandingkan dulu antara yang satu dengan yang lainnya, masalah saya sebelumnya, siapa yang mau ngasih kesempatan menguji motor matic selama dua hari.

Salam, mohon maaf kalau tidak berkenan.

hangga - 28/08/2013

maap ya bro, ngisi bensin pake premium ya? kalo iya, emang lbh panas, krn terjadi pembakaran tidak sempurna di mesin. ujung2nya jadi boros juga,

soul gt mempunyai spek kompresi 9.3:1, di bukunya jg tertulis pake “bensin tanpa timbal”, info di internet jg ada kepala mekanik yamaha bilang, disarankan pake oktan-92. (pertamax atau shell super)

ane punya soul gt pake pertamax dr awal, nggak gitu2 panas tuh. normal aja panas mesinnya, tempat bagasi hangat biasa aja, kayak motor lain. 1 liter bisa dipakai 40-50km, itupun setelah digeber sampe mesin meraung-raung mencapai 100km/jam, padahal masih baru seminggu jalan, km baru 400-an.

ane baru kali ini beli matic, motor lama masih pake shogun axelo 125cc …… rasa-rasanya akselerasi lbh galak dari shogun lo πŸ™‚

50. satriyadji - 29/08/2013

borosnya bisa di hilangin hak
kalo di modifikasi


silahkan berbagi pendapat, sopan dan saling menghargai, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: