R2 Tahun Tertentu,Lebih Awet dan Bertenaga… Benar Tidak Ya??? 14/06/2012
Posted by Papa Afnhy in Sekitar Kita.trackback
Assalamu Alaykum.
Salah satu pesona motor seken adalah harga murah,bagi yang berpikir ekonomis dan realistis maka ini adalah hal yang paling menyenangkan,hal lainnya adalah durabilitas yang kadang-kadang bisa mengalahkan merek dan tipe yang sama
Salah satu cerita yang berkembang adalah durabilitas motor juga dipengaruhi oleh tahun rakitannya,wah masak sih 😀
*dari http://google.co.id*
Ketika seorang pembeli vespa bertemu saya dia tidak pasang target soal buruannya,kecuali TAHUN RAKITAN WAJIB 1982. nah lho ❓ alasannya tahun rakitan ini paling bandel dan awet
*gambar dari http://www.kaskus.co.id*
Berikutnya Shogun Kebo 1997,ditempatku sering disebut shogun tornado(padahal shogunnya yang pinjam baju tornado) tipe ini juga sering jadi buruan para pembeli.entah kenapa mesti 1997,dengar2 sih lantaran awet bandelnya juga ditahun rakitan tersebut 😀 bahkan CDI Shindengen yang menyertai shogun ini jadi part favorit bagi yang suka kencang lantaran non limiternya
*gambar dari http://www.omanfaqod.wordpress.com *
Begitu juga dengan tiger gen awal,1993~2000 masih sering dicari lantaran masih di built up dari jepang CMIIW ya 😀
Nah brader itu opini yang saya sering dengar,ada yang mau menjelaskan lebih detail ??
BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
SALAM KARET BUNDAR
ajib emang,..pernah denger sih seperti itu memang barangkali betul adanya 😀
woo ya,paling sering dicari ditempatku shogun 1997 itu,vespa ’82 pembeli malah kadang berani bayar lebih,sugestikah??
terima kasih sudah berkunjung
ada benernya juga tuh ya..
Lexus (The Concept) wp.me/pDQ5Q-or
stuju bro…
Contohnya
Shogun kebo-shogun ramping
Fu pertama- fu sekarang
Astrea grand- astrea legenda
Force1-f1zr
Supra-supra fit
🙂
Keluaran awal emang maknyus…ketimbang berikutnya…
kalo shogun kebo vs ramping memang terasa beda ditarikan,pun FU thailand*non electrik stater* dengan FU sekarang beda
*pernah tes ride 2-2nya,tapi gak ekstrim koq*
terima kasih sudah berkunjung
Saya pernah dengar juga, katanya memang astrea prima lebih bagus kualitasnya dibanding astrea bawahnya seperti grand/supra. Teman saya juga crita kalo dia cari astrea prima 89/90 yang menurutnya masih made in japan. Kalo taon sekarang apa made in indonesia?
khusus astrea prima saya acungkan 2jempol mas,tenaganya badak… punya temanku berkali-kali ditawar 4 juta tidak mau dilepas,bandingkan dengan supra fit sekarang bisa didapat dengan 3 juta…dan kalo disuruh milih saya lebih milih prima.
terima kasih sudah berkunjung
sering denger, malah partnya banyak dicari buat dikanibal
yang paling t.o.p CDI shindengen si kebo 😀
terima kasih sudah berkunjung
Wa’alaikum salam…
Ga tau tuh… Padahal yang namany a mesin itu pasti akan aus, apalagi udah belasan tahun…
Apalagi 4tak, kalo bahan blok silinder ane percaya, tapi jeroannya… Nonsense…
Emang ga pernah dipake…?
Rpm tinggi motor dibawah 250cc…?
Dengan ilmu metalurgi bahan…
Pasti akan aus…
Imho yaa….
Logikanya, mesin akan bertahan dalam kondisi puncak hanya sekitar 3-5 tahun dengan pemakaian rpm tinggi, 5000-9000 rpm,
kecuali moge2 turing yang bertorsi besar, or mobil yg 100kpj @3000-4000rpm
bisa jadi juga mas,mungkin rakitan tahun tertentu kuat awet itu mitos,tapi itu yang berkembang dimasyarakat kita.. tapi sebagai perbandingan dapat kita katakan mungkin saja dulu bahan material yang kuat masih murah,sehingga bisa dijejalkan ke jeroan mesin,beda dengan sekarang,material berkualitas sama dengan produk sebelumnya sudah mahal,permintaan meningkat.. agar bisa memenuhi permintaan dengan ongkos produksi tetap atau malah bisa lebih rendah dikurangi deh dosisnya/downgrade. atau begini.. dulu,produsen tengah menanamkan mindset bagus di konsumen,part dibikin lebih kuat.. nah saat laris perlahan2 dikurangi
IMHO juga ya,no BC
terima kasih sudah berkunjung
sepertinya memang begitu, soalnya ane pernah punya toyota landcruiser aka hardtop tahun 77, memang kuat, tapi jeroannya banyak yang sudah aus, makanya mobil hardtop yang ayah ane rawat sejak ane kecil dengan mesin 4330cc, banyak kerusakan jeroan mesin… dari piston sampai gardan depannya… makanya ane ragu soal mitos kaya gitu…
say no to BC juga
sip mas, Insya Allah
ya memang terkadang begitulah
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/14/ktm-duke-200-dibanderol-60-jutaan-suzuki-inazuma-belum-nongol-di-prj-polling/
wkwkwkkwk
megison bagaimana ❓
terima kasih sudah berkunjung
yg paling sering dicaci di daerah ku itu blade karna blade keren wkwkwk
*becanda
yang mencaci jangan2 pemilik old Blade Bim,nyesal terlalu cepat beli blade
*becanda juga*
terima kasih sudah berkunjung
asik Mas Nana
naik Vespa keliling kota.
ribetnya kalau mogok azaaaa,
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/knalpot-racing-ahau-motor-untuk-ninja-r.html?m=1
yup,paling respek sama konvoi vespa,gak pernah ngebut,trus kalo mogok 1 semua berhenti..
terima kasih sudah berkunjung
Alhamdulilah selama saya keliling memakai Vespa tidak pernah yang namanya mogok kecuali ban kempes di jalan kang 😀 itu pun bisa diatasi dengan mengganti ban serep yg bertengger dibokong vespa sebelah kiri..setelah diganti jalan lagi dah. Intinya tetap bahwa pada prinsipnya semua motor apapun produknya baik baru atau pun lama harus disiplin dalam perawatan… 😀
untungnya masi nyetok ban serep,kalo tidak…..
Bisa jadi Mas bro. Tahun tertentu produksi nya kadang beda dan parts nya masih banyak yang asli jepang. Dan inget, motor baru jaman sekarang (IMHO) adalah motor yang kenak krisis, bodi ditipiskan, pernis cat dikurangi, bodi banyak plastiknya, dll, hahaha 😀
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/14/modifikasi-ninja-250r-sterilgarda-edition/
downgradenya lantaran biaya material dan produksi makin tinggi 😦
terima kasih sudah berkunjung
hhmmm,,,, bener juga sih… sy pernah pake tiger 2007, kl ngmong mesin sih rasanya jauh lebih tangguh, bahkan dicompare tiger temen2 saya yg jau lebih muda, 2003 dan 2005. apa berarti ketika kandungan part lokal ditingkatkan kualitas jadi dikorbankan yah…
mungkin maksud bro 1997 ya,dengar2 part memang asli jepang punya.. temenku pake 1997 tiger baru sekali turun mesin
terima kasih sudah berkunjung
iya kali,fu lama vs baru,kenceng yang lama,kenceng yang lama.btw emang tiger generasi pertama mash improt dari jepang???,kalo gitu pantes kenapa tiger om ane awet banget,padahal motornya udah 5 kali keliling jawa lho
yup,disini masih banyak fu lovers yang nyari fu pertama.. lebih kencang katanya,kalo menurut yang pernah saya dengar part tiger gen 1 sebagian besar masih dari jepang
terima kasih sudah berkunjung
tergantung perawatan juga sih, tapi kalo motor tua biasanya untuk nostalgia sama masa muda 😀
selain itu lantaran harga jual yang jatuh abis
terima kasih sudah berkunjung
kalo menurutku sih emang dari bahan yg digunakan, sebab dulu teknologi msh kurang dan pabrikan akan membuat mesin yg lbh kuat agar tahan lama serta ketersediaan bahan yg masih melimpah, lha kalo skrng ya nyari quantitas. 🙂
yup,mungkin itu alasan paling logis bro, jeroan mesin dengan teknologi sederhana dengan bahan baku melimpah menghasilkan material kuat,sekarang beli motor sudah mirip beli sepeda.. gampang*walaupun relatif* maka pabrikan menprioritaskan kuantitas dengan mengurangi kualitas IMHO
terima kasih sudah berkunjung
biasanya ada aspek pemenuhan demand pasar .. disamping juga melihat performa lawan
akur mas… dan jadi rahasia umum performa selalu didewakan dan sengaja dicarikan lawan biar bisa di”benturkan”
ex:
nmp vs byson
terima kasih sudah berkunjung
kalau vespa tahun 82 jujur ane ga paham hehehe (mungkin oom pespa bau bisa bntu hehe)
tapi kalau shogun 97, Tiger 93-2000, FU 2005-2006, RX-King 83-84, dll (ga apal hehehe), soalnya katanya motor2 lama kualitas bahan body dan mesin, juga settingan mesin lebih woke daripada generasi Sesudahnya.
tapi kalau ga dirawat, ya jebol juga kan mesinnya hehehe
saya setuju mas… masih sering lihat mesin era 80~90an mengaspal soalnya,
terima kasih sudah berkunjung
memang begitu adanya pak bos,,,,, setuja pak bos….. yg lama memang bagus kualitasnya…
jaman dulu produsen masih berusaha menanamkan mindset pak,selain itu bahan baku masih banyak
terima kasih sudah berkunjung
mungkin jaman dulu korupsi masih dikit ,
jadi materialnya kagak di korup juga ,, #ngawur 😀
kalo dirawat pasti lebih awet n bertenaga ,.,.tergantung perwatan kali ya pak n ketahanan partnya di tahun tertentu.,.,.,
kalo yamaha kebo aka byson keluaran 2010-2011 ama 2012… lebih awetan yang mana ya om…?
betul kang,kalau vespa saya sudah buktikan kebandelaannya karena semasa SMP dulu pernah nyemplak vespa smpai SMA,jadi selama 6 tahun. sebelum itu vespa tahun 80 milik ortu saya ini masih satu kali turun mesin tahun 1988,selama dipakai oleh ortu gak pernah rewel sampai sekarang (selain penggantian part fast moving yg wajar) kecuali ban gembos baru rewel soalnya vespa itu bandel banget,pernah seminggu gak dipake begitu distater kaki g begitu banyak stater langsung grengg…namun pernah juga ganti coil dan karburator itu pun masih sekali ganti
sampai sekarang vespa masih sering saya pakai di akhir pekan 😀
perkara shogun iya tuh kok gak limiter yaa… 😀
naah kalau Tiger benr kang,tahun segitu yg katanya paling bandel; dan Honda merugi karena Spare partnya yang tuk tiger tahun segitu gak laku (ngeplak bathuk)
bayangkan dorong vespa gembos
terima kasih sudah berkunjung
sepertinya memang ada benarnya,, barang dulu lebih Ajib pada barang sekarang.. Termasuk dalam segala Hal,, seperti;
Guru dulu Vs Guru sekarang
Pemimpin Dulu Vs Pemimpin sekarang
Hakim dulu Vs Hakim sekarang
DSB..
wkwkwkwkkwk
bisa jadi juga ya
terima kasih sudah berkunjung
taun tua biasanya part masih kualitas bagus, tapi di revisi nya kadang karena demand yang cukup banyak tapi supply nya terbatas..makanya motor taun tua lebih joss..tapi ya kalo aus wajar jadi drop lagi tenaganya..makanya terkadang motor lama imbang dengan motor baru..
nah ya itu masuk akal 😀
terima kasih sudah berknbjung
kalau menurut saya bener sih bro,,,honda astrea prima temen saya aja sampe saat ini masih jos, tapi bukan cuma di R2 aja tapi juga di hal yg lain,,spt elektronik dll,
setau saya kalau di tahun 2000 ke bawah kualitas barang masih diutamakan
saya sendiri masih nyimpen Hi Fi sony tahun 1992, sampe sekarang masih hidup normal dan suaranya emang beda dg Hi Fi sekarang, natural banget
kualitas emang ga bohong.
kalau sekarang mau dapat barang kualitasnya bagus,, ya sesuai juga dg harganya..
he he he……. kalo elektronik macam sound system saya masih simpan dan pake merek seico sampe sekarang,masih segel di lubang sekrup…warisan saudara saat masih lajang dulu
terima kasih sudah berkunjung
mungkin jaman dulu devisi R&D isinya insinyur semua, kalo sekarang devisi R&D kebanyakan orang ekonomi
hayah…………………. :tepokjidat:
terima kasih sudah berkunjung
setuju bangetttt… 😀
akurrrrrrrrrrrrrrrrrrrr 😀
terima kasih sudah berkunjung
Jupie burjan lebih sip dibanding NJZ
woo yaa… hampir lupa.. harga jual kembali masih lumayan bersaing
terima kasih sudah berkunjung
ane msh pny tuh kipas angin merk national yg di beli ortu dr thn 80an,sampe skrng masih berputar kencang.samasekali tdk pernah rusak
sama… dulu masih national trus jadi panasonic…
ngai juga pake 😀
korban iklan mode: on
terima kasih sudah berkunjung
saya masih punya tv tabung berwarna merek mitsubishi 20 inch tahun ’83. masih idup. hehe..
trus beli lcd 42 inch merek korea, belum setahun udah kena dead pixel. untung masih garansi.
yang masih mono… terus didepan bawah spiker tertutup ada jack ke audio luaran itu ya??? punya bapak juga masih nyala,sekarang kalo diliat teman yang mampir sering diketawain 😀
ini TV apa Truk ya???
terima kasih sudah berkunjung
motor merek jepang, rakitan tahun <2000 masih banyak dri impor dr japan. Makanya trutama bgn mesin, trkenal bandel. 2000 ksini, mayoritas kandungan lokal sudah tinggi. Kualitas'y tw sendiri kan bro.
tau dong
sunat sana potong sini,coak sana sini
#oopppppssss#
terima kasih sudah berkunjung
kalau saya ya oom, jangan beli kendaraan generasi pertama.
biasanya banyak recall, beli aja setelahnya, atau generasi ke dua. biar aman
glodagh…..
nmp ku gen 1 lho
terima kasih sudah berkunjung
Ibaratnya ky kita lg gambar,, trus kita ulangin hasilnya pasti tdk sama dgn yg pertama …..
Pertama selalu istimewa
hayah setuju*]
*}syarat dan ketentuan berlaku
terima kasih sudah berkunjung
http://skullsmokers.wordpress.com/2011/11/08/substitusi-kampas-rem-cakram-nmp/
CS1 gak cocok 😦
terima kasih sudah berkunjung
cdi shgun kebo ada tulisan denso jepang……….
pernh beli cdi ru lscm denso jepang hrganya 1,2jt(inden),klo cdi satria 120ru aj merk kgd(ori)400rb
cdi lscm aka seri terakhir mahal juga ya
terima kasih sudah berkunjung
Honda supra fit ku keluaran 2007
mesinnya masih tangguh loh
walaupun enggak bisa 180 kpj
hahhaaaa
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/supra-fit-terima-kasih-banyak.html?m=1
tapi awet bro
terima kasih sudah berkunjung
Tigerku tahun 94 alhamdulillah masih awet mas, warisan bokap..
Umur motornya cuma lebih muda 1 tahun dari saya 😀
SMP pernah ditawari MX, cuma untungnya saya tolak..
Itu motoremang bandel banget mas..
Seumur2 belum pernah ganti stroke, cuma piston aja 2x 😀
KM mungkin udah tembus 99.000, cuma gak ketauan..
3 tahun lalu waktu di kisaran 70.000an udah rusak bekas crash 😀
diperbaiki lagi mas bro,warisan tak ternilai secara historis
terima kasih sudah berkunjung
memang motore lawas bahan bakunya lebih bagus, contoh saja supra x tahun 2000 punya istri bobotnya lebih berat ketimbang versi terakhir. Alhamdulillah belum pernah turun mesin.
beda berat???
baru tau saya Pak
terima kasih sudah berkunjung
tpi emng bener, motor dulu lebih awet.. mungkin materialnya masih bagus2 .. vespa emng the best.. dri tahun 60an. masih bsa ngebut smpe skrg…!
wooh ya,vespa teman baru dibongkar abis2an tuh,dibikin lebih mantap
terima kasih sudah berkunjung
Mungkin sama kasusnya dengan Kymco Trend 2000 (Kymco trend edisi pertama yg masih CBU) yg baik Mesin maupun onderdilnya awet luar biasa (ex : Kampas Rem depannya tebel bgt) baik bila dibanding dengan Metica series maupun Easy series . Mesinnya juga lebih garang dibandingkan dengan Kymco Trend generasi berikutnya (ex: Trend SR). Trend 2000 cuma kalah di tampang dan cukup “nglawan” saat nikung.
BTW, Shogun Kebo memang mantap, tenaga kyk ga ada abisnya walo dipake boncengan ber-4 sekalipun, sayang generasi Shogun berikutnya makin memble
Ada saksi mata lagi nih,btw sudah lama gak liat kymco,terakhir CMIIW ya,yang model mirip satria LSCM itu yang ada ditempatku
terima kasih sudah berkunjung
tidak betul sama sekali..bahkan sedikit pun tidak benar 😆
saya percaya itu..tidak benar..
boleh boleh 😀
terima kasih sudah berkunjung
Hi bikers!
Let me introduce myself, I’m a management student from The Netherlands who loves bikes and currently owns a Ducati Monster 696.
As a part of my academic path, I am working on a research project on motorcycles in Indonesia. Particularly I would like to understand what kind of people own motorcycles in Indonesia.
For this purpose, I am kindly asking the users in this forum to complete a five-minutes online survey. It’s going to be very easy and it would mean a great help to me and my work.
So if you live in Indonesia and you own one or more motorcycles, please, click on the link below and answer the questions.
http://kwiksurveys.com?s=MCODNG_2ff14147
And ride safely 😉
Talitha S.
kalo masalah Shogun kebo lebih tahan lama daripada Shogun New, mungkin sebenernya sama aja. Masalahnya part yang dipakai juga hampir semua sama kualitasnya. Tapi masalah performa, kebo emang lebih jos, soalnya beda di kruk as kalo gak salah.
Nah, yang bener itu Smash lawan Shogun 110, keliatan bener kan bedanya, mulai dari mutu bodi, mesin, sampe feel riding juga bener2 beda
Mungkin saja,sugesti yang banyak dipercaya lho ya
terima kasih sudah berkunjung
klo vespa yang taun 80 an emang saya rasakan juga lebih awet kelistrikan masih ducati elektrole
😀
ditempatku masih banyak motor rakitan ’80an yang masih eksis narsis bro
terima kasih sudah berkunjung
saya punya gl pro 96. walaupun tampang culun tapi gk kalah lohh ama motor” sekarang..
Astrea grand 97′ bapak saya dari dulu lum pernah turun mesin mas, typ hari masih sy pake kuliah pp 50 km’n,,,
Bikin karikatur keren disini tempatnya, http://caricature.alfyori.com
Sms: 08568379140 / email: alfyori25@gmail.com
design mesin motor jadul memang awet mesinnya.
bandingkan saja mesin Supra fit/ Revo 100cc dengan Revo 110/Hsx125. walaupun sudah buatan ahm masih lebih awet mesin 100cc.
apalagi dengan astrea grand 92, astrea prima, dan astrea star yg masih ada tulisan made in japan diblok sebelah kiri. sangat berbeda ditanjakan dibanding mesin turunan astrea legenda, Supra fit, dan revo100cc.