jump to navigation

R2 Tahun Tertentu,Lebih Awet dan Bertenaga… Benar Tidak Ya??? 14/06/2012

Posted by Papa Afnhy in Sekitar Kita.
trackback

Assalamu Alaykum.

Salah satu pesona motor seken adalah harga murah,bagi yang berpikir ekonomis dan realistis maka ini adalah hal yang paling menyenangkan,hal lainnya adalah durabilitas yang kadang-kadang bisa mengalahkan merek dan tipe yang sama

Salah satu cerita yang berkembang adalah durabilitas motor juga dipengaruhi oleh tahun rakitannya,wah masak sih 😀

*dari http://google.co.id*
Ketika seorang pembeli vespa bertemu saya dia tidak pasang target soal buruannya,kecuali TAHUN RAKITAN WAJIB 1982. nah lho ❓ alasannya tahun rakitan ini paling bandel dan awet :mrgreen:

*gambar dari http://www.kaskus.co.id*
Berikutnya Shogun Kebo 1997,ditempatku sering disebut shogun tornado(padahal shogunnya yang pinjam baju tornado) tipe ini juga sering jadi buruan para pembeli.entah kenapa mesti 1997,dengar2 sih lantaran awet bandelnya juga ditahun rakitan tersebut 😀 bahkan CDI Shindengen yang menyertai shogun ini jadi part favorit bagi yang suka kencang lantaran non limiternya

*gambar dari http://www.omanfaqod.wordpress.com *

Begitu juga dengan tiger gen awal,1993~2000 masih sering dicari lantaran masih di built up dari jepang CMIIW ya 😀

Nah brader itu opini yang saya sering dengar,ada yang mau menjelaskan lebih detail ??

BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU

SALAM KARET BUNDAR

Komentar»

1. Aa Ikhwan - 14/06/2012

ajib emang,..pernah denger sih seperti itu memang barangkali betul adanya 😀

nanared - 14/06/2012

woo ya,paling sering dicari ditempatku shogun 1997 itu,vespa ’82 pembeli malah kadang berani bayar lebih,sugestikah??
terima kasih sudah berkunjung

mariodevan - 26/06/2012

ada benernya juga tuh ya..

Lexus (The Concept) wp.me/pDQ5Q-or

2. vixy182 - 14/06/2012

stuju bro…
Contohnya
Shogun kebo-shogun ramping
Fu pertama- fu sekarang
Astrea grand- astrea legenda
Force1-f1zr
Supra-supra fit
🙂
Keluaran awal emang maknyus…ketimbang berikutnya…

nanared - 14/06/2012

kalo shogun kebo vs ramping memang terasa beda ditarikan,pun FU thailand*non electrik stater* dengan FU sekarang beda
*pernah tes ride 2-2nya,tapi gak ekstrim koq*
terima kasih sudah berkunjung

3. Jon Ndoet - 14/06/2012

Saya pernah dengar juga, katanya memang astrea prima lebih bagus kualitasnya dibanding astrea bawahnya seperti grand/supra. Teman saya juga crita kalo dia cari astrea prima 89/90 yang menurutnya masih made in japan. Kalo taon sekarang apa made in indonesia?

nanared - 14/06/2012

khusus astrea prima saya acungkan 2jempol mas,tenaganya badak… punya temanku berkali-kali ditawar 4 juta tidak mau dilepas,bandingkan dengan supra fit sekarang bisa didapat dengan 3 juta…dan kalo disuruh milih saya lebih milih prima.
terima kasih sudah berkunjung

4. rusmanjay - 14/06/2012

sering denger, malah partnya banyak dicari buat dikanibal

nanared - 14/06/2012

yang paling t.o.p CDI shindengen si kebo 😀
terima kasih sudah berkunjung

5. gc133hijrah - 14/06/2012

Wa’alaikum salam…
Ga tau tuh… Padahal yang namany a mesin itu pasti akan aus, apalagi udah belasan tahun…
Apalagi 4tak, kalo bahan blok silinder ane percaya, tapi jeroannya… Nonsense…
Emang ga pernah dipake…?
Rpm tinggi motor dibawah 250cc…?
Dengan ilmu metalurgi bahan…
Pasti akan aus…

gc133hijrah - 14/06/2012

Imho yaa….
Logikanya, mesin akan bertahan dalam kondisi puncak hanya sekitar 3-5 tahun dengan pemakaian rpm tinggi, 5000-9000 rpm,
kecuali moge2 turing yang bertorsi besar, or mobil yg 100kpj @3000-4000rpm

nanared - 14/06/2012

bisa jadi juga mas,mungkin rakitan tahun tertentu kuat awet itu mitos,tapi itu yang berkembang dimasyarakat kita.. tapi sebagai perbandingan dapat kita katakan mungkin saja dulu bahan material yang kuat masih murah,sehingga bisa dijejalkan ke jeroan mesin,beda dengan sekarang,material berkualitas sama dengan produk sebelumnya sudah mahal,permintaan meningkat.. agar bisa memenuhi permintaan dengan ongkos produksi tetap atau malah bisa lebih rendah dikurangi deh dosisnya/downgrade. atau begini.. dulu,produsen tengah menanamkan mindset bagus di konsumen,part dibikin lebih kuat.. nah saat laris perlahan2 dikurangi
IMHO juga ya,no BC
terima kasih sudah berkunjung

gc133hijrah - 14/06/2012

sepertinya memang begitu, soalnya ane pernah punya toyota landcruiser aka hardtop tahun 77, memang kuat, tapi jeroannya banyak yang sudah aus, makanya mobil hardtop yang ayah ane rawat sejak ane kecil dengan mesin 4330cc, banyak kerusakan jeroan mesin… dari piston sampai gardan depannya… makanya ane ragu soal mitos kaya gitu…
say no to BC juga

nanared - 14/06/2012

sip mas, Insya Allah

6. ipanase - 14/06/2012
nanared - 14/06/2012

wkwkwkkwk
megison bagaimana ❓
terima kasih sudah berkunjung

7. bimo96 - 14/06/2012

yg paling sering dicaci di daerah ku itu blade karna blade keren wkwkwk

*becanda

8. nanared - 14/06/2012

yang mencaci jangan2 pemilik old Blade Bim,nyesal terlalu cepat beli blade :mrgreen:
*becanda juga*
terima kasih sudah berkunjung

9. Yudha Depp - 14/06/2012

asik Mas Nana
naik Vespa keliling kota.
ribetnya kalau mogok azaaaa,

http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/knalpot-racing-ahau-motor-untuk-ninja-r.html?m=1

nanared - 15/06/2012

yup,paling respek sama konvoi vespa,gak pernah ngebut,trus kalo mogok 1 semua berhenti..
terima kasih sudah berkunjung

oman faqod - 15/06/2012

Alhamdulilah selama saya keliling memakai Vespa tidak pernah yang namanya mogok kecuali ban kempes di jalan kang 😀 itu pun bisa diatasi dengan mengganti ban serep yg bertengger dibokong vespa sebelah kiri..setelah diganti jalan lagi dah. Intinya tetap bahwa pada prinsipnya semua motor apapun produknya baik baru atau pun lama harus disiplin dalam perawatan… 😀

nanared - 15/06/2012

untungnya masi nyetok ban serep,kalo tidak….. :mrgreen:

10. Dismas - 14/06/2012

Bisa jadi Mas bro. Tahun tertentu produksi nya kadang beda dan parts nya masih banyak yang asli jepang. Dan inget, motor baru jaman sekarang (IMHO) adalah motor yang kenak krisis, bodi ditipiskan, pernis cat dikurangi, bodi banyak plastiknya, dll, hahaha 😀
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/14/modifikasi-ninja-250r-sterilgarda-edition/

nanared - 15/06/2012

downgradenya lantaran biaya material dan produksi makin tinggi 😦
terima kasih sudah berkunjung

11. Ayah AndRayy - 14/06/2012

hhmmm,,,, bener juga sih… sy pernah pake tiger 2007, kl ngmong mesin sih rasanya jauh lebih tangguh, bahkan dicompare tiger temen2 saya yg jau lebih muda, 2003 dan 2005. apa berarti ketika kandungan part lokal ditingkatkan kualitas jadi dikorbankan yah…

nanared - 15/06/2012

mungkin maksud bro 1997 ya,dengar2 part memang asli jepang punya.. temenku pake 1997 tiger baru sekali turun mesin
terima kasih sudah berkunjung

12. jhony - 14/06/2012

iya kali,fu lama vs baru,kenceng yang lama,kenceng yang lama.btw emang tiger generasi pertama mash improt dari jepang???,kalo gitu pantes kenapa tiger om ane awet banget,padahal motornya udah 5 kali keliling jawa lho

nanared - 15/06/2012

yup,disini masih banyak fu lovers yang nyari fu pertama.. lebih kencang katanya,kalo menurut yang pernah saya dengar part tiger gen 1 sebagian besar masih dari jepang
terima kasih sudah berkunjung

13. kid1708 - 14/06/2012

tergantung perawatan juga sih, tapi kalo motor tua biasanya untuk nostalgia sama masa muda 😀

nanared - 15/06/2012

selain itu lantaran harga jual yang jatuh abis :mrgreen:
terima kasih sudah berkunjung

14. nunk iman - 15/06/2012

kalo menurutku sih emang dari bahan yg digunakan, sebab dulu teknologi msh kurang dan pabrikan akan membuat mesin yg lbh kuat agar tahan lama serta ketersediaan bahan yg masih melimpah, lha kalo skrng ya nyari quantitas. 🙂

nanared - 15/06/2012

yup,mungkin itu alasan paling logis bro, jeroan mesin dengan teknologi sederhana dengan bahan baku melimpah menghasilkan material kuat,sekarang beli motor sudah mirip beli sepeda.. gampang*walaupun relatif* maka pabrikan menprioritaskan kuantitas dengan mengurangi kualitas IMHO
terima kasih sudah berkunjung

15. warung DOHC - 15/06/2012

biasanya ada aspek pemenuhan demand pasar .. disamping juga melihat performa lawan

nanared - 15/06/2012

akur mas… dan jadi rahasia umum performa selalu didewakan dan sengaja dicarikan lawan biar bisa di”benturkan”
ex:
nmp vs byson
terima kasih sudah berkunjung

16. redbike92 - 15/06/2012

kalau vespa tahun 82 jujur ane ga paham hehehe (mungkin oom pespa bau bisa bntu hehe)
tapi kalau shogun 97, Tiger 93-2000, FU 2005-2006, RX-King 83-84, dll (ga apal hehehe), soalnya katanya motor2 lama kualitas bahan body dan mesin, juga settingan mesin lebih woke daripada generasi Sesudahnya.

tapi kalau ga dirawat, ya jebol juga kan mesinnya hehehe

nanared - 15/06/2012

saya setuju mas… masih sering lihat mesin era 80~90an mengaspal soalnya,
terima kasih sudah berkunjung

17. Dr.Feelgood - 15/06/2012

memang begitu adanya pak bos,,,,, setuja pak bos….. yg lama memang bagus kualitasnya…

18. nanared - 15/06/2012

jaman dulu produsen masih berusaha menanamkan mindset pak,selain itu bahan baku masih banyak
terima kasih sudah berkunjung

19. Ari CX Rider - 15/06/2012

mungkin jaman dulu korupsi masih dikit ,
jadi materialnya kagak di korup juga ,, #ngawur 😀 :mrgreen:

20. kharis27 - 15/06/2012

kalo dirawat pasti lebih awet n bertenaga ,.,.tergantung perwatan kali ya pak n ketahanan partnya di tahun tertentu.,.,.,

21. nangke - 15/06/2012

kalo yamaha kebo aka byson keluaran 2010-2011 ama 2012… lebih awetan yang mana ya om…?

22. oman faqod - 15/06/2012

betul kang,kalau vespa saya sudah buktikan kebandelaannya karena semasa SMP dulu pernah nyemplak vespa smpai SMA,jadi selama 6 tahun. sebelum itu vespa tahun 80 milik ortu saya ini masih satu kali turun mesin tahun 1988,selama dipakai oleh ortu gak pernah rewel sampai sekarang (selain penggantian part fast moving yg wajar) kecuali ban gembos baru rewel soalnya vespa itu bandel banget,pernah seminggu gak dipake begitu distater kaki g begitu banyak stater langsung grengg…namun pernah juga ganti coil dan karburator itu pun masih sekali ganti
sampai sekarang vespa masih sering saya pakai di akhir pekan 😀
perkara shogun iya tuh kok gak limiter yaa… 😀
naah kalau Tiger benr kang,tahun segitu yg katanya paling bandel; dan Honda merugi karena Spare partnya yang tuk tiger tahun segitu gak laku (ngeplak bathuk)

nanared - 20/06/2012

bayangkan dorong vespa gembos :mrgreen:
terima kasih sudah berkunjung

23. Hourex150L - 15/06/2012

sepertinya memang ada benarnya,, barang dulu lebih Ajib pada barang sekarang.. Termasuk dalam segala Hal,, seperti;
Guru dulu Vs Guru sekarang
Pemimpin Dulu Vs Pemimpin sekarang
Hakim dulu Vs Hakim sekarang
DSB..

24. nanared - 15/06/2012

wkwkwkwkkwk
bisa jadi juga ya :mrgreen:
terima kasih sudah berkunjung

25. kankkunk - 15/06/2012

taun tua biasanya part masih kualitas bagus, tapi di revisi nya kadang karena demand yang cukup banyak tapi supply nya terbatas..makanya motor taun tua lebih joss..tapi ya kalo aus wajar jadi drop lagi tenaganya..makanya terkadang motor lama imbang dengan motor baru..

nanared - 20/06/2012

nah ya itu masuk akal 😀
terima kasih sudah berknbjung

26. gasfuel - 15/06/2012

kalau menurut saya bener sih bro,,,honda astrea prima temen saya aja sampe saat ini masih jos, tapi bukan cuma di R2 aja tapi juga di hal yg lain,,spt elektronik dll,
setau saya kalau di tahun 2000 ke bawah kualitas barang masih diutamakan
saya sendiri masih nyimpen Hi Fi sony tahun 1992, sampe sekarang masih hidup normal dan suaranya emang beda dg Hi Fi sekarang, natural banget
kualitas emang ga bohong.
kalau sekarang mau dapat barang kualitasnya bagus,, ya sesuai juga dg harganya..

nanared - 20/06/2012

he he he……. kalo elektronik macam sound system saya masih simpan dan pake merek seico sampe sekarang,masih segel di lubang sekrup…warisan saudara saat masih lajang dulu
terima kasih sudah berkunjung

27. galah pengering - 16/06/2012

mungkin jaman dulu devisi R&D isinya insinyur semua, kalo sekarang devisi R&D kebanyakan orang ekonomi :mrgreen:

nanared - 20/06/2012

hayah…………………. :tepokjidat:
terima kasih sudah berkunjung

28. Gianluigi mario - 16/06/2012

setuju bangetttt… 😀

nanared - 20/06/2012

akurrrrrrrrrrrrrrrrrrrr 😀
terima kasih sudah berkunjung

29. Karis - 16/06/2012

Jupie burjan lebih sip dibanding NJZ

nanared - 20/06/2012

woo yaa… hampir lupa.. harga jual kembali masih lumayan bersaing
terima kasih sudah berkunjung

30. bayu mandala - 16/06/2012

ane msh pny tuh kipas angin merk national yg di beli ortu dr thn 80an,sampe skrng masih berputar kencang.samasekali tdk pernah rusak

nanared - 20/06/2012

sama… dulu masih national trus jadi panasonic…
ngai juga pake 😀
korban iklan mode: on
terima kasih sudah berkunjung

31. man - 16/06/2012

saya masih punya tv tabung berwarna merek mitsubishi 20 inch tahun ’83. masih idup. hehe..
trus beli lcd 42 inch merek korea, belum setahun udah kena dead pixel. untung masih garansi.

nanared - 20/06/2012

yang masih mono… terus didepan bawah spiker tertutup ada jack ke audio luaran itu ya??? punya bapak juga masih nyala,sekarang kalo diliat teman yang mampir sering diketawain 😀
ini TV apa Truk ya???
terima kasih sudah berkunjung

32. mantri - 18/06/2012

motor merek jepang, rakitan tahun <2000 masih banyak dri impor dr japan. Makanya trutama bgn mesin, trkenal bandel. 2000 ksini, mayoritas kandungan lokal sudah tinggi. Kualitas'y tw sendiri kan bro.

nanared - 20/06/2012

tau dong
sunat sana potong sini,coak sana sini :mrgreen:
#oopppppssss#
terima kasih sudah berkunjung

33. si Oom! - 18/06/2012

kalau saya ya oom, jangan beli kendaraan generasi pertama.
biasanya banyak recall, beli aja setelahnya, atau generasi ke dua. biar aman :mrgreen:

nanared - 20/06/2012

glodagh…..
nmp ku gen 1 lho :mrgreen:
terima kasih sudah berkunjung

34. ax125 - 19/06/2012

Ibaratnya ky kita lg gambar,, trus kita ulangin hasilnya pasti tdk sama dgn yg pertama …..
Pertama selalu istimewa

nanared - 20/06/2012

hayah setuju*]
*}syarat dan ketentuan berlaku
terima kasih sudah berkunjung

35. adin26 - 19/06/2012
nanared - 20/06/2012

CS1 gak cocok 😦
terima kasih sudah berkunjung

36. az3angle - 19/06/2012

cdi shgun kebo ada tulisan denso jepang……….
pernh beli cdi ru lscm denso jepang hrganya 1,2jt(inden),klo cdi satria 120ru aj merk kgd(ori)400rb

nanared - 20/06/2012

cdi lscm aka seri terakhir mahal juga ya
terima kasih sudah berkunjung

37. Yudha Depp - 22/06/2012

Honda supra fit ku keluaran 2007
mesinnya masih tangguh loh
walaupun enggak bisa 180 kpj
hahhaaaa

http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/supra-fit-terima-kasih-banyak.html?m=1

nanared - 01/07/2012

tapi awet bro
terima kasih sudah berkunjung

38. Haryudha© (@haryudha) - 23/06/2012

Tigerku tahun 94 alhamdulillah masih awet mas, warisan bokap..

Umur motornya cuma lebih muda 1 tahun dari saya 😀

SMP pernah ditawari MX, cuma untungnya saya tolak..

Itu motoremang bandel banget mas..

Seumur2 belum pernah ganti stroke, cuma piston aja 2x 😀

KM mungkin udah tembus 99.000, cuma gak ketauan..

3 tahun lalu waktu di kisaran 70.000an udah rusak bekas crash 😀

nanared - 01/07/2012

diperbaiki lagi mas bro,warisan tak ternilai secara historis
terima kasih sudah berkunjung

39. komunitashondamegaprokebumen - 24/06/2012

memang motore lawas bahan bakunya lebih bagus, contoh saja supra x tahun 2000 punya istri bobotnya lebih berat ketimbang versi terakhir. Alhamdulillah belum pernah turun mesin.

nanared - 01/07/2012

beda berat???
baru tau saya Pak
terima kasih sudah berkunjung

40. viewie white blog's - 26/06/2012

tpi emng bener, motor dulu lebih awet.. mungkin materialnya masih bagus2 .. vespa emng the best.. dri tahun 60an. masih bsa ngebut smpe skrg…!

nanared - 01/07/2012

wooh ya,vespa teman baru dibongkar abis2an tuh,dibikin lebih mantap
terima kasih sudah berkunjung

41. numpangliwataja - 28/06/2012

Mungkin sama kasusnya dengan Kymco Trend 2000 (Kymco trend edisi pertama yg masih CBU) yg baik Mesin maupun onderdilnya awet luar biasa (ex : Kampas Rem depannya tebel bgt) baik bila dibanding dengan Metica series maupun Easy series . Mesinnya juga lebih garang dibandingkan dengan Kymco Trend generasi berikutnya (ex: Trend SR). Trend 2000 cuma kalah di tampang dan cukup “nglawan” saat nikung.
BTW, Shogun Kebo memang mantap, tenaga kyk ga ada abisnya walo dipake boncengan ber-4 sekalipun, sayang generasi Shogun berikutnya makin memble

nanared - 01/07/2012

Ada saksi mata lagi nih,btw sudah lama gak liat kymco,terakhir CMIIW ya,yang model mirip satria LSCM itu yang ada ditempatku
terima kasih sudah berkunjung

42. babad150f - 28/06/2012

tidak betul sama sekali..bahkan sedikit pun tidak benar 😆
saya percaya itu..tidak benar.. :mrgreen:

nanared - 01/07/2012

boleh boleh 😀
terima kasih sudah berkunjung

43. Talitha - 29/06/2012

Hi bikers!

Let me introduce myself, I’m a management student from The Netherlands who loves bikes and currently owns a Ducati Monster 696.

As a part of my academic path, I am working on a research project on motorcycles in Indonesia. Particularly I would like to understand what kind of people own motorcycles in Indonesia.

For this purpose, I am kindly asking the users in this forum to complete a five-minutes online survey. It’s going to be very easy and it would mean a great help to me and my work.

So if you live in Indonesia and you own one or more motorcycles, please, click on the link below and answer the questions.

http://kwiksurveys.com?s=MCODNG_2ff14147

And ride safely 😉

Talitha S.

44. shogun110tromol - 29/06/2012

kalo masalah Shogun kebo lebih tahan lama daripada Shogun New, mungkin sebenernya sama aja. Masalahnya part yang dipakai juga hampir semua sama kualitasnya. Tapi masalah performa, kebo emang lebih jos, soalnya beda di kruk as kalo gak salah.

Nah, yang bener itu Smash lawan Shogun 110, keliatan bener kan bedanya, mulai dari mutu bodi, mesin, sampe feel riding juga bener2 beda :mrgreen:

nanared - 01/07/2012

Mungkin saja,sugesti yang banyak dipercaya lho ya
terima kasih sudah berkunjung

45. jonykesiangan - 02/10/2012

klo vespa yang taun 80 an emang saya rasakan juga lebih awet kelistrikan masih ducati elektrole

Papa Afnhy - 05/10/2012

😀
ditempatku masih banyak motor rakitan ’80an yang masih eksis narsis bro
terima kasih sudah berkunjung

46. ilyas - 18/01/2013

saya punya gl pro 96. walaupun tampang culun tapi gk kalah lohh ama motor” sekarang..

47. Alan crb - 24/06/2013

Astrea grand 97′ bapak saya dari dulu lum pernah turun mesin mas, typ hari masih sy pake kuliah pp 50 km’n,,,

48. alfyori karikatur - 27/11/2013

Bikin karikatur keren disini tempatnya, http://caricature.alfyori.com
Sms: 08568379140 / email: alfyori25@gmail.com

49. Slow_down - 13/05/2017

design mesin motor jadul memang awet mesinnya.
bandingkan saja mesin Supra fit/ Revo 100cc dengan Revo 110/Hsx125. walaupun sudah buatan ahm masih lebih awet mesin 100cc.

apalagi dengan astrea grand 92, astrea prima, dan astrea star yg masih ada tulisan made in japan diblok sebelah kiri. sangat berbeda ditanjakan dibanding mesin turunan astrea legenda, Supra fit, dan revo100cc.


silahkan berbagi pendapat, sopan dan saling menghargai, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: