Baut Roda Matic, Kenapa Tidak Meniru Punya Vespa 11/05/2012
Posted by Papa Afnhy in Sekitar Kita.trackback
Assalamu Alaykum bro & sist
Iseng-iseng memperhatikan model baut roda punya matic teman-teman yang berjejer diparkiran,saya mendapatkan kesamaan
Baut pengikat roda ban belakang yang cuma ada sebiji itu berbentuk siku*jelas,kalo bulat gundul gimana cara bukanya * … bukan.. bukan itu intinya,intinya adalah baut roda itu bentuknya gak seperti punya vespa yang memiliki coakan-coakan kecil dan batang drat yang memiliki lubang yang digunakan untuk menyelipkan pin (paku) yang bertugas mencegah baut bergeser dan berkurang kekencangannya.
Seorang teman pernah mengalami hal ini,sepulang ganti ban belakang maticnya,roda belakang terasa aneh,setelah dicek,baut roda tidak begitu kencang,jika sampe jalan jauh ❓ alamat ban belakang sukses mendahului ban depan tuh
Saya jadi mikir seandainya saja Matic punya pin/paku penahan baut roda tentu tambah safety tuh
*maaf jika gambarnya kecil dan buram,jepret pake kamera ponsel soner w300i VGA
Coba bandingkan dengan ini
Nah gimana menurut Brader ❓
BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
SALAM KARET BUNDAR
baru sadar kalo beda 😀
http://areeya2.wordpress.com/2012/05/11/new-vixion-mh7-yang-diubah/
beda dikit,tapi punya pengaruh besar mas
terima kasih sudah berkunjung
bener mas,masukan buat pabrikan nih buat bikin lubang pin
moga didengar mas,apalagi matic sekarang kencang2,kalo sampe kendor saat ngebut ………
terima kasih sudah berkunjung
sip lah,
. sip MIN
http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/11/ubahan-new-v-ixion-di-sketsa-terlihat-terlalu-extreme-akankah-jadi-kenyataan-plus-kemana-si-tralis/
wokee marzokeeeeeee 😀
terima kasih sudah berkunjung
Bener juga…lebih aman tentu nya
atau bikin sendiri aja,ketukang bubut minta dibikinkan lubang 😀
terima kasih sudah berkunjung
bahaya kl sampe lepas ya..
kalo sampe lepas… ban belakang bisa ngacir duluan A’
terima kasih sudah berkunjung
kalo niru vespa kemungkinan kecil lepas 🙂
sipp
he..he..he..
soalnya beberapa bulan lalu,sempat ngeliat sendiri ban belakang vespa ngacir duluan lantaran AS RODA patah,tapi gak saya jepret,rasanya gak etis…nah saya baru kepikiran saat memperhatikan mio teman yang gak punya pin pengunci ini,kemungkinan yang terjadi bisa sama dengan vespa tadi
terima kasih sudah berkunjung
Wah, benar juga itu, daripada model xeon sama vartech 125 yg pake swing arm, benar2 merepotkan walau cuma sekedar ganti ban dalam 😀
sempat juga perhatikan matic gambot suzuki,skydrive kalo gak salah CMIIW ya 😀 juga pake swing arm tapi baut rodanya tersembunyi di bagian dalam sejajar knalpot
pasti susah bukanya
terima kasih sudah berkunjung
habis liat hilang semua keinginan beli matik 😀
kan bisa diakali mas bro,dibawa ketukang bubut,as roda dibikinkan lubang pin dan bautnya sendiri dibikinkan coakan untuk tumpuan pin tadi 😀
terima kasih sudah berkunjung
biasa lah, orang italy desain motor denga cita rasa seni dan keamanan, kalo jepang kebanyakan desain modis tapi untuk keruk laba aja.
italia memang kiblat kendaraan eksotis yang kencang dengan standar keamanan tinggi,tapi mahal,sementara jepang dengan mesin awet dan harga murah,walaupun murah itu relatif 😀
*walaupun gak pake pin pengunci pasti insinyur jepang yakin dengan durabilitas dari desainnya koq
terima kasih sudah berkunjung
wah kalo kendor trus lepas bisa ngegelinding sendiri tuh ban,,.,.
itu artinya misi ban belakang tercapai Kang 😀
*anekdot teman,
pertanyaan : kenapa ban belakang lebih cepat BOTAK dibanding ban depan ??
Jawaban : karena ban belakang STRESS mikirin caranya mendahului ban depan
pertanyaan dan jawaban sama ngawurnya
terima kasih sudah berkunjung
sepertinya buat mur as roda belakang matic standar tipenya self locking nut masbro, jadi g perlu repot nyari paku lagi buat ngunci mur kaya murnya vespa, walaupun dari segi ketahanan masih lebih bagus tipe crown nut karena jika penguncinya rusak tinggal ganti pake paku bekas yang bisa di dapat di tukang tambal ban terdekat
oh gitu ya ????
cuma pengen lebih safety saja versi sudut pandang saya 😀
terima kasih penjelasannya mas bro
terima kasih sudah berkunjung
andai pabrikan bisa ke blog ini 😀
hah ???????
untuk apa ????
terima kasih sudah berkunjung
mur pengunci roda belakang beat saya punya semacam klip untuk mengunci supaya baut tidak lepas. lihat saja dari dekat kalo gak percaya. dulu saat masang ban tubeless, tukang pasang ban tidak bisa melepas mur roda belakang walaupun kunci pas sudah coba dipukul pake palu.. akhirnya ban dipasang tanpa melepas pelek..
nah, ada pencerahan dari pemilik langsung matic,ternyata ada fitur pengunci juga yang lebih praktis dan canggih.nice info bro
terima kasih sudah berkunjung
bener.. ada kaya semacam platnya om….:)
jadi kemungkinan untuk lepas kecil.
hlo, metik jejepangan kan ngejar sporti..
bukan elegan layaknya pespa 😉
nah salah satu efek ngejar sporty adalah cepat sekali ketinggalan jaman* sering peslip soalnya*
vespa,desain dasar dari gitu2 aja,jadi gak membosankan
terima kasih sudah berkunjung
ada kancingnya..kayak di roda mobil … 🙂
yup,biar ban gak keluyuran sendirian Pak RT
terima kasih sudah berkunjung
mur roda dan armku tak kasih locktite, biar nggak kendor kena getaran
woke,solusi mantap tuh
terima kasih sudah berkunjung
semestinya emang pake pin buat komponen yang berputar macam ini. tapi kalo abis bongkar jangan lupa di pasang lagi pinnya
http://tafri22.wordpress.com/2012/05/12/minerva-x-road-150-s-semestinya/
nah pasang pin pengunci itu yang sering dilupakan di bengkel,pernah saya ganti kampas rem tromol tornado,pin pengunci penahan rumah tromol yang dibawah gak dipasang pakunya,untungnya sampe rumah sempat saya cek
terima kasih sudah berkunjung
mur2 roda macam itu biasanya sistem ‘lock nut’ mas, jadi ada semacam penguncinya..kadang berupa teflon, pelat ataupun ujung mur’nya agak dipress(tampak lonjong di satu sisi)….tanda2nya waktu masang bila diputar pake tangan terasa agak seret…..
seperti baut swing arm mas bro,di nmp ada kayak plat tipis yang menempel diujung drat
terima kasih sudah berkunjung
jualan motor sekarang ngaco, keren di model sama fitlur doank, keamanan paling kecil di lupakan
contoh, injeksi di matic sama bebek sekarang di hilangkan sensornya,
kualitas bodi sekarang jelek bgt asli
dsb,
ngejar keuntungan raasanya
bikin lubang sendiri mas bro di as rodanya tinggal ganti dah mur nya
biar tenang make maticnya
Untuk melepas Roda belakang Honda Beat, Mur di putar kearah kiri atau kanan?
Hmm… sayangnya kurang tau juga bro,soalnya saya belum pernah memperhatikan untuk beat,adanya dirumah matic yamaha.itu juga belum pernah dibuka,tadi saya sempat cek tapi belum tau arahnya,dratnya pas banget gak ada yg nongol
tadi saya mau coba putar ke arah kiri tapi kok berat banget, kawatir salah putarnya , mungkin temen- temen ada yang tahu? Terima kasih sebelumnya
Sip,ada teman yang bisa membantu??