jump to navigation

Ideal Pemakaian Busi 04/11/2011

Posted by Papa Afnhy in Sekitar Kita.
Tags: , ,
trackback

Allow Brade Sekalian😀
jumpa lagi dengan saya setelah beberapa lama ngilang dan muncul kembali,maaf saya lagi sibuk soalnya (alasannya itu lagi lagi itu😈 ).Tapi bener deh saya sibuk kalo gak percaya boleh potong telinga brader*gak ngikut,sakit telinga kalo dipotong:mrgreen:
Baru saja saya mengganti busi simarun, NGK CPR8EA beli di Beres Yamaha,kenapa bukan di Ahass❓ ,soalnya Ahass gak punya stoknya,adanya cuman Denso… jadi beli diBeres Yamaha seharga 15 ribu,busi nmp ternyata sama dengan busi jupie MX dan Vixion:mrgreen:

NGK CPR8EA9


Nah saat ganti busi ini seorang tetangga nanya,”koq ganti busi cepat banget,memang odometernya sudah berapa ?”
saya jawab 6985 km,masa pakai setahun… ”
“baru 6000an km sudah ganti ?,punyaku (suzuki shogun 125) baru 7 bulan sudah 10000an km malah belum pernah buka businya,busi itu diganti kalo sudah co.id. alias tewas”
Wah jadi bingung saya,apa memang busi baru diganti kalo sudah mati,nah kalo lagi dijalan terus tewas dan gak bawa busi cadangan gimana,trus tanda busi sudah nyaris tewas apa *bingung.c😦 m*
Brader,ada yang maw nyumbang saran untuk mengatasi bingung saya ini,silahkan share disini
BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
SALAM KARET BUNDAR

Komentar»

1. B M W ♣ - 04/11/2011

Gak harus nunggu mati kali

nanared - 04/11/2011

idealnya gitu mas,cuman saya bingung tanda2 busi mau tewas itu gimana,atau kalo ada patokkan berapa km atau bulan,
Terima kasih sudah berkunjung

2. bapakeValen - 04/11/2011

tetangga tipikal orang kebanyakan, mas.
Baru ganti kalo uda tewas…
Mending liat fisiknya saja..

Btw, theme’nya baru ya? Keren bgd.

3. novriexx - 04/11/2011

stau ane busi tuh gantiny tiap 12rb km buat motor 4tak klo 2 tak lbh lama lg umurny

nanared - 05/11/2011

kalo gitu saya terlalu cepat ya😦
tapi gak papa deh,lebih cepat lebih baik😀 nice info
terima kasih sudah berkunjung

4. nanared - 04/11/2011

@ Bro BapakeValen
*jaringan koplak lagee*
wkwkwk,sangat biasa mas,beliau FB Suzuki sejati,dari dulu kenal sampe sekarang kalo ganti “wajib” suzuki😀 itu dashboard hayabusa 1300 mas bozz,keren sekali,paduan analog digital yang apik
maaf balasan komen brader muncul disini
terima kasih sudah berkunjung

5. enth - 04/11/2011

ganti busi kalo elektrodanya sudah tinggal sedikit

nanared - 05/11/2011

ujung logam yang keliatan diujung keramiknya ya,masih tebal mas,cuman agak kotor,abis saya amplas bersih lagi,sekarang masuk dikotak bawah jok sebagai cadangan
terima kasih sudah berkunjung

bapakeValen - 05/11/2011

bener tuh, mas… tinggal dirasain aja performanya..
sebaiknya elektroda busi jangan diampelas, sebab mengurangi ketebalan elektroda yg bisa mengurangi umur busi.
kalo bisa cukup di sikat kawat saja…

6. bimo96 - 04/11/2011

ane gak paham ttg busi😀

nanared - 05/11/2011

kalo u/ 4 tak,saya belum ngerti karakter businya mas,u/ 2 tak saya sangat ngerti dari awal pake motor sampe sekarang masih sering pake 2 tak,jadi tau kapan ganti businya,
terima kasih sudah berkunjung

7. Dismas - 05/11/2011

mending mas… Saya tiap 4000 km… Setelah 3500an km mulai trasa berkurang akselerasinya… Dulu pakai busi standar di Karisma, sekitar 18 ribu km baru co’id… hehehe😆 . Kalo di buku pedoman pemilik si, kalo mau performa selalu top, tiap 4000km. Meskipun umur mekanis busi bisa belasan ribu km…

nitip mas, masih ngomongin busi:mrgreen: http://dizmaz.wordpress.com/2011/10/26/ganti-busi-nyobain-busi-ngk-platinum/

nanared - 05/11/2011

karena itu saya ganti businya bro,terakhir pake agak lama,performa simarun agak menurun dan panas mesin diatas biasanya..bbm juga agak boros,pake NGK platinum ya…kayaknya mesti nyari nih😀
terima kasih sudah berkunjung

8. Basho - 05/11/2011

Kalo ngikutin buku panduan, rata2 busi motor 4tak sebaiknya diganti tiap 7ribu km. Kalo ditanya kapan ko’it nya, rata2 busi ko’it di kilometer 15ribuan. Tapi biasanya setelah 7ribu km, ada penurunan performa motor dari mulai tenaga mesin turun, gejala panas berlebihan, sampe konsumsi BBM jadi boros. CMIIW

nanared - 05/11/2011

nah, komplit dah pencerahannya,two thumbs up mas bozz,tambah ilmu lagi nih
terima kasih sudah berkunjung

9. setia1heri - 05/11/2011
nanared - 05/11/2011

sudah 18000an km tuh,bagusnya diganti
*nyalez.com*
terima kasih sudah berkunjung

setia1heri - 07/11/2011

xiixixi….nunggu mati skalian biar langsung ganti…wkwkwk

10. dnugros - 05/11/2011

Satria 2 tak ku 10ribuan kilo baru diganti, itupun kalo sudah menunjukan gejala digas mbrebet2

nanared - 05/11/2011

hebat,tornadoku paling tahan sampe 2 tahunan mas bro,sekarang pake busi vespa,akselerasinya mak nyuzz
terima kasih sudah berkunjung

11. edy - 05/11/2011

revo100cc bututku lum prnh gnti busi,,,padahal dah 56000 km,,,,

nanared - 05/11/2011

wow😆
performa mesin gak berubah tuh mas bozz,
terima kasih sudah berkunjung

12. ipman - 05/11/2011

info aja nih masbro,
anjuran penggantian busi tiap 10.000km, lewat2 dikit juga gpp, ada yang mencapai 20.000km tapi businya masih hidup.
ganti busi kalau mau irit tunggu elektrodanya tipis.
performa berkurang karena ujung elektroda kotor, atau jarak / gap elektroda terlalu renggang / terlalu mepet.
bersihkan dan atur lagi jaraknya, lihat buku manual berapa gap busi.

nanared - 07/11/2011

sip infonya mas bozz,siap dicatat diingat dan dilaksanakan😀
terima kasih sudah berkunjung

13. diketik - 05/11/2011

Kunjungan rutin ke blog ini… hehehe🙂
Saya Abed Saragih mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha

ditunggu kunjungan dan komentar baliknya🙂
salam persahabatan🙂

nanared - 07/11/2011

NanaRed’sBlog dan keluarga juga mengucapkan SELAMAT IDUL ADHA untuk mas Abed sekeluarga dan kepada seluruh sahabat yang merayakan
terima kasih sudah berkunjung

14. mbr666 - 06/11/2011
nanared - 07/11/2011

sip,segera ke TKP
terima kasih sudah berkunjung

15. ubrium - 07/11/2011

“6985 km,masa pakai setahun…” wah hemat pemakaiannya, salut.

16. nanared - 07/11/2011

padahal merupakan kendaraan transportasi utama mas,tapi karena jarak tempuh dekat maka odonya juga dikit,jarak terjauh yang pernah saya tempuh baru 60 km PP:mrgreen:
terima kasih sudah berkunjung

azizyhoree - 08/11/2011

usia spark-plug tergantung jenis katoda nya juga, misal model standart sekian km life time nya , hingga yang berbahan gold- hingga iridium akan mempunyai life time yg lebih panjang

#pada umum nya busi standart life time antara 10.000-12.000 km lebih dari itu biasanya tetap menyala namun kurang optimal & unjuk kerja nya menurun😛

nanared - 10/11/2011

sip pencerahannya mas bro,
terima kasih sudah berkunjung

17. wardiketel - 09/11/2011

nmp saya baru -+6000km blm ganti busi sudah 1 th 2 bulan. Tp sempat nggak di hidupin 2 bulanan, hidupnya susah pakai acara businya di lepas trus di bakar/panasi baru bisa hidup nmpnya.
#SALAM KARET BUNDAR#
#ABAIKAN SAJA#(mas mul mode on)

nanared - 10/11/2011

trik baru mengakali busi “ketiduran”😀
terima kasih sudah berkunjung

18. bapakeValen - 09/11/2011

ijin menampilkan link ya, masbro

nanared - 15/11/2011

sip silahkan mas bozz ;D
terima kasih sudah berkunjung

19. 4201journey - 11/11/2011

Udah dsampaikan sama kang azis,
btul itu, kalo ane pribadi 4bulan skali, maklum, mtor ane journey terus

nanared - 11/11/2011

terima kasih atas saran dan tipsnya brader,akhirnya kebingungan saya terjawab tuntas,semoga menjadi berkah bagi kita semua
terima kasih sudah berkunjung

20. blognyamitra - 15/11/2011

Nambahin info pak, busi standar MX ama Vixion beda, di Vixion ada kode resistornya sedangkan MX gak ada.

nanared - 15/11/2011

tapi bisa saling tukar pakai kan❓
terima kasih sudah berkunjung

cahjoz150cc_ajah - 22/01/2012

bisa sih gan, tp pst ada bedanya. pengalaman di ninin biasanya pake ngk np8es atau bp9es. prnh diganti sama mekanik umum dibeliin bp7es, ulir & besarnya sama, tp pas diajak ngebut jd mbrebet

21. karawangtigerrider - 16/11/2011

selama masih bisa nggelinding pake teruuuuuuusss…:mrgreen:
salam kenal dari nubi😀

22. 16 Bulan Bersama Si Marun Nmp 2010 | Nanared's Blog - 22/02/2012

[…] Ganti busi ganti […]


silahkan berbagi pendapat, sopan dan saling menghargai, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: