Ideal Pemakaian Busi 04/11/2011
Posted by Papa Afnhy in Sekitar Kita.Tags: ganti busi, NanaRed, NGK CPR8EA9
trackback
Allow Brade Sekalian 😀
jumpa lagi dengan saya setelah beberapa lama ngilang dan muncul kembali,maaf saya lagi sibuk soalnya (alasannya itu lagi lagi itu 😈 ).Tapi bener deh saya sibuk kalo gak percaya boleh potong telinga brader*gak ngikut,sakit telinga kalo dipotong
Baru saja saya mengganti busi simarun, NGK CPR8EA beli di Beres Yamaha,kenapa bukan di Ahass ❓ ,soalnya Ahass gak punya stoknya,adanya cuman Denso… jadi beli diBeres Yamaha seharga 15 ribu,busi nmp ternyata sama dengan busi jupie MX dan Vixion
Nah saat ganti busi ini seorang tetangga nanya,”koq ganti busi cepat banget,memang odometernya sudah berapa ?”
saya jawab 6985 km,masa pakai setahun… ”
“baru 6000an km sudah ganti ?,punyaku (suzuki shogun 125) baru 7 bulan sudah 10000an km malah belum pernah buka businya,busi itu diganti kalo sudah co.id. alias tewas”
Wah jadi bingung saya,apa memang busi baru diganti kalo sudah mati,nah kalo lagi dijalan terus tewas dan gak bawa busi cadangan gimana,trus tanda busi sudah nyaris tewas apa *bingung.c 😦 m*
Brader,ada yang maw nyumbang saran untuk mengatasi bingung saya ini,silahkan share disini
BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
SALAM KARET BUNDAR
Gak harus nunggu mati kali
idealnya gitu mas,cuman saya bingung tanda2 busi mau tewas itu gimana,atau kalo ada patokkan berapa km atau bulan,
Terima kasih sudah berkunjung
tetangga tipikal orang kebanyakan, mas.
Baru ganti kalo uda tewas…
Mending liat fisiknya saja..
Btw, theme’nya baru ya? Keren bgd.
stau ane busi tuh gantiny tiap 12rb km buat motor 4tak klo 2 tak lbh lama lg umurny
kalo gitu saya terlalu cepat ya 😦
tapi gak papa deh,lebih cepat lebih baik 😀 nice info
terima kasih sudah berkunjung
@ Bro BapakeValen
*jaringan koplak lagee*
wkwkwk,sangat biasa mas,beliau FB Suzuki sejati,dari dulu kenal sampe sekarang kalo ganti “wajib” suzuki
😀 itu dashboard hayabusa 1300 mas bozz,keren sekali,paduan analog digital yang apik
maaf balasan komen brader muncul disini
terima kasih sudah berkunjung
ganti busi kalo elektrodanya sudah tinggal sedikit
ujung logam yang keliatan diujung keramiknya ya,masih tebal mas,cuman agak kotor,abis saya amplas bersih lagi,sekarang masuk dikotak bawah jok sebagai cadangan
terima kasih sudah berkunjung
bener tuh, mas… tinggal dirasain aja performanya..
sebaiknya elektroda busi jangan diampelas, sebab mengurangi ketebalan elektroda yg bisa mengurangi umur busi.
kalo bisa cukup di sikat kawat saja…
ane gak paham ttg busi 😀
kalo u/ 4 tak,saya belum ngerti karakter businya mas,u/ 2 tak saya sangat ngerti dari awal pake motor sampe sekarang masih sering pake 2 tak,jadi tau kapan ganti businya,
terima kasih sudah berkunjung
mending mas… Saya tiap 4000 km… Setelah 3500an km mulai trasa berkurang akselerasinya… Dulu pakai busi standar di Karisma, sekitar 18 ribu km baru co’id… hehehe 😆 . Kalo di buku pedoman pemilik si, kalo mau performa selalu top, tiap 4000km. Meskipun umur mekanis busi bisa belasan ribu km…
nitip mas, masih ngomongin busi
http://dizmaz.wordpress.com/2011/10/26/ganti-busi-nyobain-busi-ngk-platinum/
karena itu saya ganti businya bro,terakhir pake agak lama,performa simarun agak menurun dan panas mesin diatas biasanya..bbm juga agak boros,pake NGK platinum ya…kayaknya mesti nyari nih 😀
terima kasih sudah berkunjung
Kalo ngikutin buku panduan, rata2 busi motor 4tak sebaiknya diganti tiap 7ribu km. Kalo ditanya kapan ko’it nya, rata2 busi ko’it di kilometer 15ribuan. Tapi biasanya setelah 7ribu km, ada penurunan performa motor dari mulai tenaga mesin turun, gejala panas berlebihan, sampe konsumsi BBM jadi boros. CMIIW
nah, komplit dah pencerahannya,two thumbs up mas bozz,tambah ilmu lagi nih
terima kasih sudah berkunjung
lah sampe sekaarang ane malah belum ganti 😀
http://setia1heri.wordpress.com/2011/11/05/terima-kasih-k…-blog-visistor/
sudah 18000an km tuh,bagusnya diganti
*nyalez.com*
terima kasih sudah berkunjung
xiixixi….nunggu mati skalian biar langsung ganti…wkwkwk
Satria 2 tak ku 10ribuan kilo baru diganti, itupun kalo sudah menunjukan gejala digas mbrebet2
hebat,tornadoku paling tahan sampe 2 tahunan mas bro,sekarang pake busi vespa,akselerasinya mak nyuzz
terima kasih sudah berkunjung
revo100cc bututku lum prnh gnti busi,,,padahal dah 56000 km,,,,
wow 😆
performa mesin gak berubah tuh mas bozz,
terima kasih sudah berkunjung
info aja nih masbro,
anjuran penggantian busi tiap 10.000km, lewat2 dikit juga gpp, ada yang mencapai 20.000km tapi businya masih hidup.
ganti busi kalau mau irit tunggu elektrodanya tipis.
performa berkurang karena ujung elektroda kotor, atau jarak / gap elektroda terlalu renggang / terlalu mepet.
bersihkan dan atur lagi jaraknya, lihat buku manual berapa gap busi.
sip infonya mas bozz,siap dicatat diingat dan dilaksanakan 😀
terima kasih sudah berkunjung
Kunjungan rutin ke blog ini… hehehe 🙂
Saya Abed Saragih mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha
ditunggu kunjungan dan komentar baliknya 🙂
salam persahabatan 🙂
NanaRed’sBlog dan keluarga juga mengucapkan SELAMAT IDUL ADHA untuk mas Abed sekeluarga dan kepada seluruh sahabat yang merayakan
terima kasih sudah berkunjung
betullll
http://hakimrodamas.wordpress.com/2011/11/06/petirtan-jolotundocandi-peninggalan-sejarah-yang-tak-banyak-orang-tahu/
sip,segera ke TKP
terima kasih sudah berkunjung
“6985 km,masa pakai setahun…” wah hemat pemakaiannya, salut.
padahal merupakan kendaraan transportasi utama mas,tapi karena jarak tempuh dekat maka odonya juga dikit,jarak terjauh yang pernah saya tempuh baru 60 km PP
terima kasih sudah berkunjung
usia spark-plug tergantung jenis katoda nya juga, misal model standart sekian km life time nya , hingga yang berbahan gold- hingga iridium akan mempunyai life time yg lebih panjang
#pada umum nya busi standart life time antara 10.000-12.000 km lebih dari itu biasanya tetap menyala namun kurang optimal & unjuk kerja nya menurun 😛
sip pencerahannya mas bro,
terima kasih sudah berkunjung
nmp saya baru -+6000km blm ganti busi sudah 1 th 2 bulan. Tp sempat nggak di hidupin 2 bulanan, hidupnya susah pakai acara businya di lepas trus di bakar/panasi baru bisa hidup nmpnya.
#SALAM KARET BUNDAR#
#ABAIKAN SAJA#(mas mul mode on)
trik baru mengakali busi “ketiduran” 😀
terima kasih sudah berkunjung
ijin menampilkan link ya, masbro
sip silahkan mas bozz ;D
terima kasih sudah berkunjung
Udah dsampaikan sama kang azis,
btul itu, kalo ane pribadi 4bulan skali, maklum, mtor ane journey terus
terima kasih atas saran dan tipsnya brader,akhirnya kebingungan saya terjawab tuntas,semoga menjadi berkah bagi kita semua
terima kasih sudah berkunjung
Nambahin info pak, busi standar MX ama Vixion beda, di Vixion ada kode resistornya sedangkan MX gak ada.
tapi bisa saling tukar pakai kan ❓
terima kasih sudah berkunjung
bisa sih gan, tp pst ada bedanya. pengalaman di ninin biasanya pake ngk np8es atau bp9es. prnh diganti sama mekanik umum dibeliin bp7es, ulir & besarnya sama, tp pas diajak ngebut jd mbrebet
selama masih bisa nggelinding pake teruuuuuuusss…
salam kenal dari nubi 😀
[…] Ganti busi ganti […]