jump to navigation

Ganti oli ngikut mana sih 22/08/2011

Posted by Papa Afnhy in Penyemangat Hidupku.
Tags: , , , ,
trackback

Tadi pagi,lagi istirahat temen NanaRed(NR),nanya ke NR tentang ganti oli……
dianya nanya NR ganti oli tiap berapa bulan atau KM,terus terang jadi kaget juga….memang kenapa dia nanya gitu.

pict punya mbah gugel


setelah mikir *tumben bisa mikir…padahal lagi lemas puasa* NR jawab kalo NR ikut KM aja,soalnya dalam sebulan tripmeter simarun paling tinggi 800 aja.jadi kalo ikut bulan bisa-bisa 3 bulan baru ganti.
NanaRedsBlog
Terakhir ganti oli aja tanggal 1/8/11 sekarang sudah tanggal 22/8/11. TripMeter baru menunjukkan 417,7 km.Cuma karena ane pake oli pabrikan maka musti rajin-rajin memeriksa ketinggian oli mesin.
Nah bagemana dengan Brader sekalianโ“
ngikut KiloMeter atau bulan seperti teman ane,soalnya kalo dia tiap abis gajian langsung ganti oli,jarak tempuh perhari 60an Km.
BROTHERHOOD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
SALAM KARET BUNDAR

Komentar»

1. Mupenk - 22/08/2011

Joss

gandozzz
terima kasih sudah berkunjung

2. cafebiker - 22/08/2011

manteb lah

apanyaโ“๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
maksih sudah berkunjung bro

3. Angga - 22/08/2011

Klo saya biasanya 2 bulan sekali masbro. Jarak tempuh sehari +- 30km, sebulan bisa 1000km, coz biasanya jarak tempuh pas weekend bisa 2x lipat. Klo mobil baru ngikutin trip meter, coz ga sanggup klo tiap 2 bulan ganti:mrgreen:

cara yang bijak…
terimakasih sudah berkunjung

4. mbr666 - 22/08/2011

wah aq durung ganti oli…

jangan lupa cek ketinggian olinya
terima kasih sudah berkunjung

5. nangke - 22/08/2011

menurut buku panduan per 3000km, kalo ane per 1500km gantinya

bener,mending lebih cepat daripada terlambat,ane malah pake feeling aja,klo gigi transmisi sudah keras masuknya,ane ganti olinya

6. nangke - 22/08/2011

tambahan, pake oli enduro racing 4tak SAE10-40

pernah pake juga,tapi cuman tahan pake sampe 800 km di tripmeternya,suara mesin agak kasar dan suhu terasa lebih panas.jadi balik pake oli pabrikan lagi
terima kasih sudah berkunjung

7. wong - 22/08/2011

wadoww, gawat juga temennya kang… ganti oli kalo abis gajian. lha kalo ga gajian berbulan2 gimana tuch? wkwkwkwk…
kalo kangbro sendiri pake oli apa? udah pernah nyoba spx-1?

untungnya gaji tetap tiap awal bulan mas,tadi ditanya juga koq mesti nunggu gajian,katanya klo nurutin bisa2 2x ganti sebulan,asal gak abis aja olinya.
ane pake mpx1,spx1 belum pernah liat malah,didaerah distribusi memang agak telat IMHO
terima kasih sudah berkunjung

8. Endrix - 22/08/2011

kl motor ane NJMX ganti setiap 1500km sekali, karena masih pake oli standar Yamalube Sport, jadi siklusnya selalu ketemu ama jadwal service rutin di 3000km sekali, pas banget dengan waktu 1 bulan kl di ane

1 hari bisa habis jarak tempuh kurang lebih 50km

masih wajib servis ya bro,klo ane pas nebus nmp dulu ada promo 7x ganti oli gratis,baru terpake 4x,sisa gratis 3x lagi,beli oli sendiri baru 3x.kalo ditotal gratis olinya sampe 2tahun.selama ini ane ganti di 1000 km,ditandai trip reset sendiri ke 000,0.
makasih sudah berkunjung

9. Basho - 22/08/2011

Kalo saya tiap 2ribu km atau tiap 3 bulan sekali. Tergantung mana yg lebih dulu dicapai. Tapi seringnya 3 bulan sekali. Maklum,tinggal di kota kecil, kemana2 deket

ajib๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
sama,jarak rumah ane kekantor cuman 1km,cuma gak tega aja klo lama baru ganti.tapi suzy topan*tornado gs 110* ane malah udah setahun gak ganti oli,warna oli dan kekentalannya gak berubah walopun lama gak diganti,olsam pake smokeless.
makasih sudah berkunjung

10. dr4k3 - 22/08/2011

kalau NMP ane sekarang ganti tiap 2-3 bulan sekali. BZ oil 10w-40 (full syntetic) service kedua setelah inreyen lalu pake motul 5100 ester 10w-40 sampai sekarang. dan juga ukuran kalau mesin udah berisik dan gake enak di pake juga di ganti olinya.

rencana nanti ganti oli nyoba motul ester juga bro,kira2 harganya berapaan ya,makasih sudah share
makasih sudah berkunjung

dr4k3 - 24/08/2011

motul ester di tempat ane 89 ribu. di jawa timur banget dekat BWI ๐Ÿ˜€

11. ipanase - 22/08/2011

KM,,,

jangan lupa cek ketinggian olinya
makasih sudah mampir

12. micoas3 - 23/08/2011

klo saya per 800 sampai 1000 km bro atau sebulan krn dipake kecepatan rata2 70-90 km/jam(maklum tempat kerja ma rumah +- 130 km.
dlu pake ahm oil tapi oli cepet habis.ujung2 rantai kamprat kena.
akhrnya kembali ke spesifikasi mesin jadulnya jadi pake federal 20-50.yang penting aman dan ga kekurangan oli mesin di bak mesin.

yups,memang banyak testimoni kalo mpx1 cepat nguap,federal pernah pake juga di honda win bokap yang dulu pake plat merah.
makasih sudah berkunjung

13. Maxy - 23/08/2011

Ganti oli kalau motornya g enak dipakai..dan rutinnya pas gajian tiap bulan,hehehe…jarang ngeliat km nya..diitung2 mngkin skitar 1000 km.

salah satu indikatornya kalo gear transmisi susah masuk atau netral ya,
makasih sudah mampir

14. uDien d'kab - 23/08/2011

Menurut sayah sich mendingan menurut km ….

he..he..he
tapi jangan rekomendasi km dikemasan olinya,bisa2 olinya ilang dari bak
*pengalaman karisma teman,ngikut km di kemasan oli,saat ganti oli yang tersisa tinggal 100 an mililiter
makasih sudah berkunjung

uDien d'kab - 23/08/2011

owww gitu ya? baru tau, soale sayah mah menurut km rekomendasi beres, heheh …

15. vitacalisa - 23/08/2011

o gitu ya…
temen saya malah kalo serv tiap km 6rb/7rb sekali…tapi ditambah aditif integral7

ajib๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
tapi ane pribadi gak tega:mrgreen:
terimakasih sudah berkunjung

16. dnugros - 23/08/2011

menurut km aja deh pak, baiknya tiap 1500km udah ganti…tapi balik lagi kepersonal yg punya motor

bener mas bro,terpulang kepada personal aja
terimakasih sudah berkunjung

17. azizyhoree - 24/08/2011

idealnya menurut km, biar lebih terkontrol , dalam kondisi berbulan2 pun asal lingkungan kerja oli terawat *dalam hal ini engine normal tidak bekerja secara berlebih ga masalah๐Ÿ˜€

woyy mas bro dapet hadiah tuh di kuis ku ๐Ÿ˜›

nah,pakarnya mesin muncul.pencerahan nih
Alhamdulillah hadiahnya mas bro,terima kasih sudah berkunjung

18. Juragan Warung - 24/08/2011

Labih bagusnya emang dngan mengkuti KM aja son.

mayoritas ngikut km ya, NR ngikut juga deh
sarannya mas bro
makasih sudah berkunjung

19. enth - 24/08/2011

pokoknya habis gajian langsung ganti (sekitar 1000 km). karena masih pake oli SGO pada jarak itu sudah kasar

setuju,abis terima gaji,motor juga wajib terima gaji๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
terima kasih sudah berkunjung

20. setia1heri - 24/08/2011

klo ane sebulan sekali atau km 2500

jangan lupa ngecek ketinggian olinya,tingkat penguapan oli mesin pulsar denger2 lumayan lho
terima kasih kunjungannya

setia1heri - 25/08/2011

betul seminggu sekali pasti ‘ngintip’๐Ÿ˜›

21. claireen - 24/08/2011

PCX q tiap 3 minggu sekali pake Shell AX7 matic

motor premium perawatan kudu premium juga dong,kemarin papasan pertama kali,white pcx belum ada nopol,asli ciamik.
terimakasih kunjungannya

22. si oom - 25/08/2011

ngikut kilometernya aja oom..
kalo keseringan buka tutup tap-tapan oli, ntar cepet slek:mrgreen:

sip tipsnya
makasih sudah berkunjung

23. Fr1z - 27/08/2011

sama seperti kebanyakan.. saya memilih mengikuti Kilometer aja mas…
sekitar sebulan sekali, lebih aman dan pastinya menjadikan mesin tetap terawat dengan baik.
sekitar 1000 – 1500 km saya usahakan sudah ganti oli… apalagi kalo motor sering dibawa kencang, sudah wajib hukumnya untuk selalu merawat dan memperhatikan mesin…

jangan lupa untuk membersihkan filter olinya juga saat mengganti oli… agar oli baru tetap bersih dan tidak ada endapan kotoran di filter oli yang bisa menghambat suplai oli… dan jangan lupa juga untuk mengganti filter olinya bila sudah terlalu kotor / rusak …

point yg penting .. gunakan oli dengan spek rekomendasi dari pabrikan , ingat spek nya bukan merek nya ya…. ya kalo bisa jangan terlalu melenceng jauh dari spek yang ditetapkan…
bila ganti ke oli yang lebih encer agar dipantau volumenya secara berkala… begitu juga bila kita baru beralih dari oli std ke oli semi-sintetik atau ke oli full sintetik, jangan langsung lepas tangan dan percaya sepenuhnya… tapi kita harus benar-benar cek bagaimana keadaan oli tersebut setelah kita gunakan, sehingga kita tahu dengan pasti kualitas dari oli tersebut…

semoga membantu….

yup,setuju banget bro.
cuman nmp kayaknya gak punya filter oli kayaknya,
btw.
tips yang bagus,segera dilaksanakan
terima kasih sudah berkunjung

24. Dismas - 27/08/2011

kalo ane, pas pake MPX 1, ganti tiap 1000km… ngikut km soalnya motor kan dipakai terus (per hari kira kira nempuh 25 km lah). Dulu pakai Castrol Power 1 juga 1000an km. Sekarang pakai Motul, nunggu 1300 km baru ganti. Kalo jarang dipakai, maks tiap 2,5 bulan lah diganti…๐Ÿ˜€

pake mpx1 volume olinya berkurang gak mas bro,kabarnya oli mpx1 itu tingkat penguapannya tinggi.
terima kasih sudah berkunjung

25. Dismas - 28/08/2011

iya, agak berkurang… makanya siklusnya tiap 1000 km kalo pake MPX1… Pernah ane pakai 1600 km sebanyak 2 kali aja, suara rantai kamprat udah ada tanda – tanda… Brisik mas… yah, ganti kamprat deh, kena gocap akhirnya…

Sekarang pakai Motul 10W – 40 API SL, alhamdulilah udah 500km, makin & masih tokcer…

saya ngikut saran bro kalo gitu,sebetulnya sudah maw pindah,tapi berhubung masih wajib servis u/ garansi terpaksa ditunda,ganti oli terakhir aja hampir ketahuan*sebelumnya pake enduro racing atas biaya sendiri*kebetulan mekanik tetangga sendiri,jadi bisa main mata, ๐Ÿ˜€
katanya selama masa garansi trus pake selain oli pabrikan garansinya gugur :mrgreen:

26. Dismas - 29/08/2011

hmmm, kalo dulu, saya agak gambling… Masih masa garansi, (waktu umur motor belum 2 tahun, odometer masih nunjuk sekitar 10ribu km, udah langsung coba pakai oli lain)… Coz oli bawaan Honda kurang memuaskan… Akselerasinya berat.

kayaknya gitu mas bro,pake mpx1 akselerasi memang lebih berat,tapi dulu pake enduro racing akselerasi mang lebih ringan,tapi koq olinya lebih cepat encer juga

27. wendakalubis - 31/08/2011

Izin menyimak,,,

silahkan mas bro
terima kasih sudah berkunjung

28. supri - 02/09/2011

ganti oli sekalian aja yg bagus, kayak motul ester 15w50 biar jangka waktu penggantiannya agak lama, keseringan ganti takut baut lubang penggantiannya slek (pengalaman pribadi). saya tiap 3000km buat supri125 ane.eringan ganti takut baut lubang penggantiannya slek (pengalaman pribadi). saya tiap 3000km buat supri125 ane.

rencana ganti oli brikutnya ngincar motul bro,mudah2an aja dapet,maklum didesa,barang yang bermerk “aneh dan baru” sering susah didapat
terima kasih sudah berkunjung

29. 4201journey - 11/09/2011

motul ester terlalu mahal, kalo ga pernah turing…. Sayang uangnya… Dan ga begitu ngaruh dengan performa….
Saran ane… Cukup make shell vsx ato repsol syntetico… Harganya ga sampai 90000…
Kecuali kalo sering ngebut ato turing jauh, silakan make motul ester….
N motor baru macam nmp lebih baik ikut km.
Jangan teracuni virus, yang bikin kantung jebol… Salam.

gitu ya,sip,saran diperhatikan.memang sudah coba2 cari bro.tapi motulnya belum ketemu,adanya merk pasaran aja,kayak pertamina,mpx,yamalube dan juga petronas
sip sarannya
terima kasih sudah berkunjung

30. 4201journey - 11/09/2011

ane juga make motul ester… Karena ane hampir tiap minggu turing jakarta-bandung….
Tapi not recomended kang…
Kalo kang nana bukan tinggal di pulau jawa…
Pakai oli yang mudah ditemukan aja… Tapi yg udah terbukti, cari testimoninya d internet… Untuk oli bagus dibawah 80000

masuk akal mas,sudah beberapa hari ini hunting motul ester,memang susah.kayaknya tetap pake oli pabrikan,secara ane gak suka ngebut,maksimal cuma bisa 80 kpj,itupun seminggu belum tentu digeber segitu,jarak tempuh rata2 perhari cuman 5 km.

31. Ganti Sendiri Oli SiMarun | Nanared's Blog - 03/10/2011

[…] by nanared Akhirnya berhasil apdet artikel, super sibuk soalnya… Dulu diartikel yang terdahulu,NR berencana ganti merk oli dengan motul, tapi atas saran bro 4201 journey, *terima kasih atas […]

32. wasisimmortal - 25/11/2012

Aku pakai enduro 4t 20W-50, sebulan sekali ganti, padahal di odometer paling rata2 dapet 400-500km, masih warna ijo bekasnya, hihi. , motor tua biar tetep joss.

33. Andi sandi - 28/10/2013

Wah Saya blum ganti oli ud 3 bulan ini tpi km bru 400

34. alfyori karikatur - 27/11/2013

Saya rajin pake Motul 3100 gan, mantap…
Bikin karikatur keren disini tempatnya, http://caricature.alfyori.com
Sms: 08568379140 / email: alfyori25@gmail.com


silahkan berbagi pendapat, sopan dan saling menghargai, terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: